Manfaat Rutin Periksa Tekanan Ban Mobil, Bisa Lebih Berhemat Pengeluaran

  • Share
Manfaat Rutin Periksa Tekanan Ban Mobil, Bisa Lebih Berhemat Pengeluaran

Mudikgratis.co.id – Ban menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan saat mengendarai mobil. Jika komponen ini bermasalah, pastinya mobil tak akan bisa digunakan.

Hal yang paling mendasar dalam perawatan ban mobil ini yakni tekanan angin ban. Pemobil wajib memperhatikan tekanan ban ketika hendak menggunakan mobil tersebut.

Tekanan ban mobil harus selalu diperiksa secara rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diiinginkan. Berikut manfaat dari periksa tekanan ban mobil seperti dilansir dari Nissan Indonesia.

Ilustrasi ban mobil. [Shutterstock]

1. Berpengaruh pada stabilitas kendali mobil

Baca Juga:
Terungkap, Pencuri Spesialis Preteli Ban di Tuban yang Viral Beberapa Waktu Lalu Ternyata Masih Pelajar

Tekanan angin ban mobil berkaitan langsung dengan stabilitas kendali mobil. Jika tekanan ban kurang, pasti pengemudi akan merasakan hal tak nyaman saat berkendara. Saat tekanan angin terlalu rendah, permukaan ban tidak akan menempel sempurna pada permukaan jalan.

Padahal, jika permukaan ban tidak menempel pada roda, otomatis tingkat traksinya akan menurun. Proses pengereman pun terasa lebih sulit karena ban tidak “menggigit”. Hal ini bisa sangat membahayakan, terlebih jika jalanan yang Anda lalui sedang basah.

2. Kenyamanan berkendara

Ban menjadi penopang mobil dan merupakan bagian dari kaki-kaki. Jika salah satu kaki mengalami masalah, pastinya bakal mempengaruhi kenyamanan berkendara. Ketika melintas di jalan berbatu, ban yang tekanan angin rendah terasa tidak enak saat digunakan.

Namun, ketika ban dengan tekanan angin yang sempurna akan membantu mereduksi turbulensi pada kabin karena jalanan bergelombang. Bentuk ban dengan tekanan angin yang pas akan bulat sempurna sehingga tapak ban yang bersinggungan dengan permukaan jalan pun tidak terlalu luas. Hasilnya, goncangan pun bisa diredam.

Baca Juga:
Viral Pria yang Bagikan Trik Cepat untuk Pasang Ban Mobil, Cuma Bermodal Obat Nyamuk Semprot, Begini Caranya

3. Kurangi risiko kecelakaan



#Manfaat #Rutin #Periksa #Tekanan #Ban #Mobil #Bisa #Lebih #Berhemat #Pengeluaran

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version