Tol Trans Sumatera Lebih Lancar Berkat Tilang Elektronik

  • Share
Tol Trans Sumatera Lebih Lancar Berkat Tilang Elektronik

Mudikgratis.co.id – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengatakan penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement/ETLE di jalan Tol Trans Sumatera mewujudkan kelancaran lalu lintas.

“Keberadaan ETLE jalan tol efektif untuk menekan fatalitas kecelakaan, mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas,” kata Kasubdit Penindakan Pelanggaran Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasetya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Hal itu ditegaskan Agus saat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) serta asistensi pelaksanaan penindakan pelanggar lalu lintas dengan sistem digital, yakni tilang elektronik di Gerbang Tol ITERA Kota Baru, Lampung.

“Hasil monev hari ini hasilnya cukup baik untuk mengimplementasikan ETLE di jalan tol. Terkait dengan penguatan kapasitas dan SDM sudah melaksanakan sesuai tugas masing-masing. Kemudian mekanisme, sistem, dan prosedur sudah sesuai regulasi yang sudah ditetapkan Korlantas Polri.” jelas Agus.

Baca Juga:
Sebanyak 6.835 Mobil Terjaring Tilang Elektronik, Langgar Batas Kecepatan di Tol

Selain itu, Agus yang didampingi Wadirlantas Polda Lampung AKBP Ali mengecek Posko Monitoring ETLE Tol Bekauheni – Terbanggi Besar dan ETLE Polresta Bandar Lampung.

Agus mengatakan berdasarkan data yang diterima terhitung sejak 1 hingga 7 April 2022, kamera ETLE over speed di ruas Tol Trans Sumatera menunjukkan 9.643 kendaraan melanggar batas kecepatan.

“Ini hal yang sangat luar biasa. Namun, grafik hari demi hari semakin terjadi penurunan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan implementasi ETLE jalan tol menjadi suatu progres positif. Dia berharap titik-titik ETLE bakal secara masif diterapkan di lokasi lainnya.

“Diharapkan titik-titik ETLE ini semakin masif kita terapkan sehingga angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di jalan tol bisa ditekan sampai ‘zero accident’,” tutur Firman.

Baca Juga:
Tilang Elektronik di Medan Tangkap 2.191 Pelanggar

Korlantas Polri telah memberlakukan ETLE Speedcam (melanggar kecepatan) di 14 jalan tol. Lalu ada pula ETLE WIM (melanggar batas muatan) di 7 jalan tol.

Sebelumnya Korlantas Polri telah melakukan sosialisasi sejak 1-31 Maret 2022. Kemudian, peraturan diberlakukan efektif per 1 April 2022. [Antara]



#Tol #Trans #Sumatera #Lebih #Lancar #Berkat #Tilang #Elektronik

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *