10 Kendaraan Ini Cocok Dipakai Mudik di Tengah Mahalnya Harga Pertamax

  • Share
10 Kendaraan Ini Cocok Dipakai Mudik di Tengah Mahalnya Harga Pertamax

Mudikgratis.co.id โ€“ Rencana mudik harus disiapkan dengan jeli. Tak hanya persiapan fisik saja, Anda juga harus mempersiapkan mobil dan jenis bahan bakar yang akan Anda gunakan untuk menemani perjalanan mudik nanti. Nah, berikut ini mobil yang cocok pakai pertalite.

Diketahui, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), pemerintah menambahkan empat hari cuti bersama yaitu pada tanggal 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Presiden RI, Joko Widodo pun menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan momentum libur nasional dan cuti bersama tahun ini sebagai kesempatan untuk bersilahturahmi dengan keluarga.

Dengan kata lain mudik yang pada tahun sebelumnya dibatasi karena pandemi Covid-19, kini sudah diperbolehkan. Namun masyarakat dihimbau tetap menjalani protokol kesehatan.

Baca Juga:
Cara Memasang Aki Mobil yang Benar: Begini 7 Langkahnya, Awas Jangan Sampai Keliru

Apakah Anda juga sudah berencana untuk mudik tahun ini? Nah, demi kelancaran mudik dan primanya performa mobil, Anda harus mengenali jenis bahan bakar yang cocok untuk mobil Anda.

Di tengah kelangkaan bahan bakar jenis Pertalite, perlu Anda ketahui bahwa beberapa merek mobil maupun motor tertentu lebih cocok jika diberi jenis bahan bakar ini. Agar lebih jelas yuk simak ulasan daftar mobil yang cocok pakai Pertalite berikut ini.

Berikut Daftar Mobil Yang Cocok Pakai Pertalite

Petugas memilih bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU Coco Kuningan, Jakarta, Rabu (30/3/2022). [Mudikgratis.co.id/Alfian Winanto]

Pertalite mulai dijual ke masyarakat sejak 2015 silam. Sebelumnya PT Pertamina (Persero) selaku penyedia BBM dengan kadar oktan 90 ini menyampaikan telah mendata kebutuhan oktan dari mesin mobil dan motor yang umum digunakan masyarakat saat itu.

Pertamina memeriksa buku manual sepuluh merek mobil dengan penjualan tertinggi tahun sebelumnya, yaitu 2014. Adapun merek mobil tersebut yaitu Toyota Avanza, Honda Mobilio, Toyota Agya, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry, Suzuki Ertiga, Daihatsu Ayla, Daihatsu Xenia, dan Toyota Yaris.

Baca Juga:
The Best 5 Oto: Jelang Penutupan IIMS Hybrid 2022, Piaggio Medley S Tampilkan Cat Baru, Mudik Gratis Bawa Sepeda Motor

Hasilnya, semua membutuhkan bensin dengan RON 90-92, sudah tidak ada lagi yang direkomendasikan menggunakan RON 88. Terkecuali, Suzuki Katana.

Tak hanya mobil, Pertamina juga memeriksa kebutuhan oktan mesin sepeda motor yang umumnya digunakan di Indonesia. Hasilnya sepeda motor pabrikan sudah direkomendasikan menggunakan RON 90-92. Sebut saja motor Honda Beat, Yamaha Mio, hingga Honda Supra Fit.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Pertamina sebagaimana yang tertera di atas maka berikut adalah daftar mobil yang cocok pakai pertalite.

  1. Toyota Avanza
  2. Honda Mobilio
  3. Toyota Agya
  4. Toyota Kijang Innova
  5. Daihatsu Gran Max
  6. Suzuki Carry
  7. Suzuki Ertiga
  8. Daihatsu Ayla
  9. Daihatsu Xenia
  10. Toyota Yaris

Demikian ulasan perihal daftar mobil yang cocok pakai Pertalite. Selamat mudik dan hati-hati di jalan.



#Kendaraan #Ini #Cocok #Dipakai #Mudik #Tengah #Mahalnya #Harga #Pertamax

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version