Agar Tetap Nyaman, Suspensi Motor Ternyata Juga Perlu Dirawat

  • Share
Agar Tetap Nyaman, Suspensi Motor Ternyata Juga Perlu Dirawat

Mudikgratis.co.id – Suspensi atau biasa dikenal shockbreaker menjadi salah satu perangkat yang penting pada sepeda motor. Sebagai komponen peredam kejut, suspensi motor ternyata juga butuh dilakukan perawatan.

Perawatan perlu dilakukan agar motor tetap nyaman saat digunakan melewati beragam karakter jalan seperti jalan berlubang atau bergelombang.

”Suspensi memiliki peran penting agar sepeda motor tidak menerima terlalu banyak beban akibat goncangan yang terjadi. Mengingat pentingnya peran suspensi pada sepeda motor, maka kami memberikan beberapa tips dalam perawatan suspensi agar awet dan mendukung aktivitas berkendara,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

Berikut beberapa tips untuk merawat suspensi motor :

Baca Juga:
Toyota Hilux GR Sport Debut di Eropa dengan Wajah dan Suspensi Baru

Ilustrasi shockbreaker pada kendaraan. (Pexels/Jan Kopiva)

Jaga kebersihan suspensi

Kotoran yang menempel di area kerja suspensi jika tidak dibersihkan akan membuat lecet inner tube atau batang suspensi yang akan menyebabkan suspensi mengalami kebocoran dan menurunkan kualitas kerja suspensi. 

Sebaiknya cuci motor secara berkala dan bersihkan area suspensi dengan seksama. Jika kehujanan segera bilas, pastikan juga area suspensi aman. Sifat korosi air hujan bisa merusak suspensi secara perlahan-lahan.

Hindari rute jalan yang rusak 

Jalan yang tidak rata atau berbatu bisa memberikan beban tambahan bagi suspensi. Terlalu sering melewati jalan seperti ini tentu saja akan mengurangi usia suspensi. Jadi ketika terpaksa melewati jalan yang tidak rata Anda harus berkendara dengan ekstra hati-hati dan tidak ngebut agar dapat membantu meringankan kerja suspensi. 

Baca Juga:
Best 5 Oto: Mobil Keren Agnez Mo, Bedah Honda Civic Type C, dan Crowd Free Night Jakarta

Ngebut di jalanan berbatu sangat berisiko, bisa membuat suspensi bocor karena goncangan tanpa jeda. Jangan lupa agar berhati-hati dan menghidari batu atau obyek yang terlalu besar untuk dilewati.



#Agar #Tetap #Nyaman #Suspensi #Motor #Ternyata #Juga #Perlu #Dirawat

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version