Kaca Helm Sering Berembun saat Musim Hujan? Begini Cara Mengatasinya

  • Share
Kaca Helm Sering Berembun saat Musim Hujan? Begini Cara Mengatasinya

Mudikgratis.co.id โ€“ Musim hujan menjadi momok para pemotor ketika berkendara di jalan. Tak sedikit dari mereka malas berkendara ketika hujan datang.

Jika dalam keadaan terpaksa, pemotor memang harus berhati-hati dan memperhatikan keselamatan saat berkendara.

Saat menempuh perjalanan di musim hujan dengan motor, salah satu hal yang menjadi masalah bagi pengendara adalah kaca helm yang berembun.

Kaca helm yang berembun tentu sangat mengganggu pengendara. Selain itu, kaca helm yang berembun berdampak pada keselamatan dalam berkendara karena berkurangnya daya pandang yang dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga:
NgabubuTips: Cara Berkendara Motor yang Aman untuk Pemotor Wanita, Biar Nyaman Saat Nyari Takjil

Ilustrasi helm dengan intercom. (pixabay)

Lalu bagaimana cara agar kaca helm tidak berembun ketika digunakan saat berkendara. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dilansir dari Astra Motor.

1. Menggunakan cairan Anti-fog

Penggunaan cairan anti-fog bisa menjadi salah satu cara mengatasi kaca helm berembun. Cairan ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian yakni ada yang oles dan ada yang spray.

Sistem cairan ini sama seperti menggunakan sabun, dimana saat menggunakan yang bentuk oles, hanya perlu mengoleskan di sekitar kaca helm.

Sedangkan model yang spray kalian hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke bagian luar kaca helm dan dalam lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering. Harga cairan anti-fog ini cukup bervariasi mulai dari 15 ribu hingga 100 ribu.

Baca Juga:
Ngabubutips: Cara Aman Bawa Barang di Dek Motor Matik agar Tidak Mudah Terjatuh

2. Pastikan sirkulasi udara helm terbuka

Biasanya, helm memiliki sirkulasi udara. Untuk itu, pastikan semua lubang sirkulasi udara dalam helm terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan di luar tidak terlalu jauh.

Kalian juga bisa membuka celah dengan sedikit membuka visor helm. Akan tetapi risiko ini kemungkinan akan ada air hujan yang masuk saat berkendara.

3. Menggunakan kaca Anti-fog

Jika kalian tidak mau repot-repot menggunakan cairan anti-fog, bisa langsung menggunakan kaca anti-fognya.

Cara ini dibilang menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi kaca helm berembun, dimana kaca ini bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil.

Hal ini mengakibatkan embun terjadi hanya di luar area yang tidak tertutup kaca anti-fog.

4. Menggunakan perlengkapan sehari-hari

Selain cairan anti-fog, jika kalian tidak mau repot-repot mengeluarkan uang, bisa menggunakan perlengkapan sehari-hari seperti sabun pencuci piring, shampo bayi, krim pencukur atau pasta gigi.

Dari perlengkapan sehari-hari tersebut Anda bisa mencoba memilih salah satu untuk mengatasi kaca helm yang berembun.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan bahan tersebut di bagian kaca luar dan dalam menggunakan kain halus dan gosokkan secara merata. Setelah itu, diamkan sampai kering lalu gosok kembali bagian yang sudah digosok sebelumnya dengan lap lain yang kering.



#Kaca #Helm #Sering #Berembun #saat #Musim #Hujan #Begini #Cara #Mengatasinya

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version