Tetap Aman dan Nyaman saat Berkendara, Kenali Teknik Pengereman Motor yang Benar

  • Share
Tetap Aman dan Nyaman saat Berkendara, Kenali Teknik Pengereman Motor yang Benar

Mudikgratis.co.id – Saat berkendara motor di jalan, kita diwajibkan untuk menerapkan sikap kewaspadaan dan kehati-hatian. Untuk itu, penting bagi pemotor untuk mempelajari teknik safety riding yang tepat.

Salah satu poin safety riding yang perlu dikuasai yakni teknik pengereman. Pemotor wajib tahu bagaimana teknik pengereman yang benar agar tidak celaka di jalan.

Untuk pemula yang baru belajar naik motor, ada beberapa tingkat yang harus dipelajari secara bertahap. Seperti dilansir dari laman Wahana Honda, terdapat 3 tahap untuk belajar teknik pengereman.

Sebelum menuju beberapa tahapan tersebut, kalian bisa belajar terlebih dahulu dengan cara melakukannya saat mesin motor dalam keadaan mati.

Baca Juga:
NgabubuTips: Begini Cara Usir Kantuk saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan, Enggak Perlu Ribet

Ilustrasi kampas rem motor (Dok. Astra Motor Yogyakarta)

Pastikan juga standar ada di posisi tengah. Jika sudah, tutup putaran gas dan gunakan empat jari untuk menarik tuas rem. Dengan cara ini, kalian bisa memperoleh pengereman secara optimal.

Selanjutnya, tarik tuas atau injak pedal untuk rem belakang, dilanjutkan dengan menarik tuas kopling dan menurunkan kaki kiri.

Lakukan hal tersebut secara berulang kali agar terbiasa. Berikut ini ada tips lanjutan untuk belajar teknik pengereman melalui tiga tingkatan.

1. Tingkat pertama

Pada tingkat awal ini, kalian akan fokus berlatih dalam koordinasi putaran gas, tuas atau pedal rem, serta tuas kopling.

Baca Juga:
NgabubuTips: Cara Berkendara Motor yang Aman untuk Pemotor Wanita, Biar Nyaman Saat Nyari Takjil

2. Tingkat kedua

Selanjutnya, kalian bisa mulai berlatih melakukan pengereman saat motor melaju pada kecepatan lebih tinggi, yaitu 30-50 km/jam. Lakukan latihan ini secara bertahap, mulai dari kecepatan 30 km/jam hingga akhirnya 50 km/jam.

3. Tingkat ketiga

Pada tahap ketiga, kalian dapat melanjutkan latihan pengereman pada kecepatan 60 km/jam. Cobalah melakukannya dengan jarak berhenti 17-20 meter dari titik awal memulai pengereman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Tetap #Aman #dan #Nyaman #saat #Berkendara #Kenali #Teknik #Pengereman #Motor #yang #Benar

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *