Mahalnya Harga Baterai Mobil Listrik Dinilai Turut Berdampak Terhadap Minat Konsumen

  • Share
Mahalnya Harga Baterai Mobil Listrik Dinilai Turut Berdampak Terhadap Minat Konsumen

Mudikgratis.co.id – Tingginya harga baterai kendaraan terelektrifikasi dinilai telah membuat penjualan mobil listrik di seluruh dunia kurang mendapat respon positif dari konsumen.

Besarnya biaya pembuatan baterai yang dibebankan pada carmaker turut mendongkrak harga jual kendaraan itu sendiri. Tidak heran banderol melambung tinggi.

Presiden InoBat, sebuah pabrik baterai kendaraan listrik, Andy Palmer mengatakan, margin dalam industri baterai sudah sangat tipis.

“Jadi kenaikan biaya harus dibebankan kepada pembuat mobil,” jelas Andy Palmer, dikutip dari Europe News.

Baca Juga:
Tak Perlu Cemas Ketahanan Baterai Mobil Listrik, All-New Toyota bZ4X di Jepang Hadir dalam Konsep Sewa

Produsen mobil seperti Mercedes-Benz kemungkinan akan meneruskan kenaikan ini kepada pelanggan jika harga bahan baku mobil listrik terus naik.

“Kami harus menjaga margin kami,” ungkap Markus Schaefer, Chief Technology Officer Mercedes-Benz.

Mercedes EQS, ilustrasi mobil dilengkapi baterai mobil listrik. Dibuat Mercedes-EQ, unit kendaraan listrik Mercedes-Benz [Mercedes-Benz via ANTARA].

Namun demikian, Direktur Pusat Ilmu Penyimpanan Energi Kolaboratif di Laboratorium Nasional Argonne, Venkat Srinivasan, harga baterai tidak terlalu berdampak terhadap konsumen yang sadar akan lingkungan.

Menurutnya akan semakin banyak orang yang akan membeli kendaraan listrik terlepas dari biaya baterai dan kendaraan.

“Ada dua jenis titik kritis dari konsumen yang bisa menjadi tolak ukur. Titik kritis emosional atau psikologis pada konsumen,” terang Venkat Srinivasan.

Baca Juga:
Volkswagen Bermitra dengan SEAT, Dirikan Pabrik Baterai Mobil Listrik

Sejauh ini Tesla masih menjadi pemimpin pasar untuk penjualan mobil listrik. Perusahaan otomotif yang berpusat di Amerika Serikat ini mencatat rekor dengan mengirimkan 310.000 unit kendaraan listrik di kuartal pertama 2022.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Mahalnya #Harga #Baterai #Mobil #Listrik #Dinilai #Turut #Berdampak #Terhadap #Minat #Konsumen

Sumber : www.suara.com

  • Share