Kendaraan Elektrik Mulai Jadi Sasaran Peretas, Ini Tujuannya

  • Share
Kendaraan Elektrik Mulai Jadi Sasaran Peretas, Ini Tujuannya

Mudikgratis.co.id – Pengguna kendaraan listrik di belahan dunia lain rupanya kerap mendapat perlakuan tak menyenangkan. Situasinya sangat buruk di China sehingga Tesla memutuskan untuk menggunakan perangkat ‘pemblokiran yang dikendalikan dari jarak jauh’ untuk mencegah pengemudi lain memblokir stasiun Supercharger.

Insiden yang lebih serius dilaporkan akhir-akhir ini. Dilansir dariĀ Autoevolution, terdapat kasus stasiun pengisian daya dirusak, kabel dipotong dan tiang pengisian daya menjadi tidak berguna.

Tak berhenti sampai di situ, sekarang para peretas mulai memasuki tempat kejadian, setelah menemukan bahwa pengisi daya EV dibekali keamanan yang buruk, yang membuat mereka mudah mengincar target.

Kadang-kadang mereka melakukannya untuk bersenang-senang, seperti yang terjadi dalam kasus tiga titik pengisian di Isle of Wight di Inggris. Para peretas mengkompromikan pengisi daya untuk menampilkan pornografi di layar mereka.

Baca Juga:
Mobil Toyota Ini Disiram Paint Remover usai Penunggangnya Protes Lahan Parkirnya Diserobot, Pelakunya Panen Cibiran

Ternyata tidak memiliki tampilan grafis juga tidak membantu. Dalam insiden baru-baru ini, peretas menonaktifkan stasiun pengisian daya di sepanjang jalan raya utama antara Moskow dan St. Petersburg di Rusia dan menampilkan penghinaan vulgar yang ditujukan pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Serangan peretas terhadap stasiun pengisian daya sedang meningkat, kata Yoav Levy, CEO Upstream Security, penyedia platform cybersecurity otomotif Israel.

Peretas dapat menghasilkan uang dengan mudah dari meretas pengisi daya, baik dengan mengunci pengguna keluar dari pengisi daya atau dengan menggunakan pengisi daya secara gratis.

Yang terakhir sudah digunakan untuk membuat pompa bensin mengeluarkan bahan bakar secara gratis awal tahun ini.

“Kami sudah mulai melihat peretasan pertama, dan saya yakin ada banyak kasus yang telah terjadi yang belum dipublikasikan,” kata Levy.

Baca Juga:
Arab Saudi Dominasi Investasi Lucid Motors, Mobil Mewah Bebas Emisi Jadi Ambisi

Ilustrasi stasiun pengisian daya. [Mudikgratis.co.id/Arya Manggala]

“Penjahat cyber dapat menghasilkan uang dari ini sekarang. Mereka ingin menghasilkan uang dengan cara termudah yang mereka bisa. Jika mereka dapat menemukan cara untuk meretas dari jarak jauh, inilah cara mereka dapat membangun skala.”

Levy berpikir para peretas akan berbalik melawan perusahaan yang mengoperasikan pusat pengisian armada EV besar, meminta uang untuk membuka kunci pengisi daya.

Tetapi serangan juga dapat terbukti lebih merusak karena pengisi daya dapat digunakan sebagai titik masuk ke dalam grid.

Ini adalah masalah keamanan, karena jaringan pengisian daya siap kini sedang diperluas di seluruh AS dan dunia.

Untuk itu, pembuat mobil dan penyedia pengisian daya perlu mengembangkan protokol yang aman dan koneksi yang aman antara pengisi daya dan kendaraan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kendaraan #Elektrik #Mulai #Jadi #Sasaran #Peretas #Ini #Tujuannya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.