Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2022 di Tol Kalikangkung Hingga Jakarta-Cikampek Resmi Berakhir

  • Share
Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2022 di Tol Kalikangkung Hingga Jakarta-Cikampek Resmi Berakhir

Mudikgratis.co.id – Senin (9/5/2022) dini hari, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengakhiri pelaksanaan rekayasa lalu lintas berupa sistem one way atau satu arah, dan ganjil genap untuk arus balik mudik Lebaran 2022 dari Tol Kalikangkung sampai Tol Jakarta-Cikampek.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan kebijakan ini diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik Lebaran 2022 yang sudah mulai lancar.

“Kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak 5 Mei, kemudian diperpanjang sampai dengan 6 Mei,” kata Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (9/5/2022).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi membuka pemberlakuan sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju arah Jakarta, Jumat (6/5/2022) [ANTARA/ I.C.Senjaya]

Sebelum mengakhiri rekayasa, pihak Kepolisian melakukan penyisiran jalan sampai pukul 00.30 WIB guna memastikan kondisi arus lalu lintas di jalan tol lancar.

Baca Juga:
Peringatan 28 Tahun Meninggalnya Ayrton Senna, Cristo Redentor Mengirimkan Pendar Cahaya

Menurut Irjen Pol Firman Shantyabudi, pelaksanaan rekayasa lalu lintas arus balik Lebaran menjadi momen bersejarah, untuk koordinasi yang dilakukan jajaran Korlantas Polri serta instansi terkait.

Keberhasilan mengantisipasi kemacetan saat arus mudik dan arus balik tahun ini, juga berkat peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

“Sebagai indikator suksesnya operasi ini karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini,” kata Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Selama operasi ini pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

“Alhamdulillah seluruhnya bisa kami selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kami jadikan bahan evaluasi ke depan,” tuturnya.

Baca Juga:
Kebijakan One Way Tol untuk Arus Balik Lebaran 2022, Polda Metro Jaya Siapkan 4 Alternatif Rute Jakarta-Bandung

Sebelumnya, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi meminta jajaran Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, hingga Polda Metro Jaya bersiap untuk melakukan penormalan rekayasa lalu lintas arah tol Kalikangkung KM 414 Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya.

Kombes Pol Eddy Djunaedi juga meminta jajaran yang bertugas untuk mempersiapkan normalisasi rekayasa lalin, seperti penggulungan traffic cone dan sebagainya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Rekayasa #Lalu #Lintas #Arus #Balik #Lebaran #Tol #Kalikangkung #Hingga #JakartaCikampek #Resmi #Berakhir

Sumber : www.suara.com

  • Share