Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Sedang Parkir?

  • Share
Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Sedang Parkir?

Mudikgratis.co.id – Perjalanan jauh dengan mobil mengharuskan istirahat sementara di tempat perhentian. Namun sayang masih banyak pemilik mobil yang lebih memilih menyalakan AC saat sedang parkir.

Pertanyaannya, bolehkah menyalakan AC mobil saat parkir agar suasana tetap sejuk?

Auto2000, diler resmi mobil Toyota di Indonesia, mengatakan bahwa menyalakan AC saat parkir sebenarnya tidak masalah jika hanya dalam waktu singkat.

Pemilik harus memperhatikan lingkungan sekitar mobil. Dengan kondisi mesin menyala, artinya gas buang dari knalpot terus keluar dan dapat membahayakan orang di sekitar mobil. Bahkan juga bisa fatal bagi penumpang.

Baca Juga:
4 Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak, Bawa ke Bengkel jika Mengalami Gejala-Gejala Ini

Mesin mobil mengeluarkan gas beracun melalui knalpot seperti hidrokarbon (HC), karbonmonoksida (CO), dan Nitrogen Oksida (NO). Di antara ketiganya, CO merupakan gas yang berbahaya bagi manusia jika terhirup dengan paparan yang berlebihan.

Bahaya ini semakin bertambah apabila jendela kabin mobil berada dalam kondisi tertutup rapat. Akibatnya, gas tersebut terperangkap di dalam kabin mobil dan akhirnya terhirup oleh penumpang.

Masalahnya tidak sekedar pada pemborosan bensin, tapi kesehatan dan keselamatan penumpang.

Kalaupun AC dinyalakan tanpa penumpang di dalam mobil, risiko tetap ada. Gas buang yang terkumpul dalam kabin membutuhkan waktu untuk hilang sepenuhnya. Alhasil pengemudi atau penumpang yang masuk ke dalam mobil akan terpapar gas-gas berbahaya itu.

Karenanya jika tetap ingin menyalakan AC saat mobil parkir, usahakan untuk membiarkan jendela dalam kondisi terbuka. Ini dilakukan agar gas emisi dalam kabin terdorong keluar.

Baca Juga:
Bolehkah Filter AC Mobil Dicuci?



#Amankah #Menyalakan #Mobil #Saat #Sedang #Parkir

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.