Jakarta International E-Prix Circuit Dibuat Permanen, Multifungsi Balap Kendaraan Listrik dan ICE

  • Share
Jakarta International E-Prix Circuit Dibuat Permanen, Multifungsi Balap Kendaraan Listrik dan ICE

Mudikgratis.co.id – Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang berlokasi di Pademangan, Ancol, Jakarta Utara saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Widi Amanasto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan bahwa tempat balapan ini dibuat permanen.

Konsepnya berbeda dengan sirkuit Formula E di negara-negara lain. Yaitu menggunakan trek jalan raya suatu kota.

“Ini sirkuit permanen, bukan city race yang biasanya dibongkar lagi,” kata Widi Amanasto.

Sehingga tidak hanya ajang Formula E saja yang bisa menggunakan trek JIEC di Ancol. Setelah balapan single seater bermesin tenaga listrik selesai 4 Juni 2022, akan digelar balapan lain.

Baca Juga:
Peretas Berhasil Bobol Mobil Listrik Tesla dari Jarak Jauh

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022) [ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Rusman/am]

“Selesai Formula E masih ada kegiatan balap lagi. Sirkuit tahun ini sudah dibooked untuk tujuh event,” jelas Widi Amanasto di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (20/5/2022).

Ia tidak memerinci balap apa saja, akan tetapi salah satunya adalah drag race mobil listrik. Juga tidak menutup kemungkinan digelarnya balapan menggunakan mesin konvensional (Internal Combustion Engine atau ICE) selain kendaraan listrik.

“Kami optimumkan untuk balapan kendaraan listrik. Bila tidak bisa juga tidak mengapa, terpenting bisa digunakan masyarakat, dan dunia otomotif,” tandas Widi Amanasto.

Nantinya, para pihak penyelenggara yang ingin mengadakan ajang balapan di JIEC diharuskan menyewa. Dan PT Jakpro akan mendirikan badan pengelola sirkuit JIEC.

“Nantinya pakai sistem sewa. Akan ada Organizing Committee, serta strategic bussiness unit untuk kelola sirkuit,” jelas Widi Amanasto lagi.

Baca Juga:
Honda Sebar Teaser Mobil Listrik Pertamanya, Andalkan Model SUV

Sementara itu, Irawan Sucahyono, Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta ePrix 2022 menyatakan bahwa JIEC Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol menggunakan sirkuit Grade 3. Tidak didesain untuk balap mobil Grade 1 seperti balap Formula 1 (F1).

“Sirkuit Ancol ini Grade 3, semua balapan kategori internasional Grade 3 bisa dilangsungkan di sini,” jelasnya di JIEC, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Klasifikasi per grade dibuat untuk mengukur kelayakan sirkuit dalam menggelar berbagai balapan bertaraf nasional, benua atau regional, serta kelas dunia.

Meskipun Sirkuit Formula E JIEC ada di kategori Grade 3, sudah lolos kualifikasi untuk menyelenggarakan kejuaraan balap tingkat nasional, seperti berbagai balapan yang diselenggarakan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Namun, sebagai aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, setiap rencana kegiatan balapan tingkat Nasional yang dilaksanakan IMI di JIEC Ancol nantinya harus mendapat izin penyelenggaraan dari gubernur Provinsi DKI Jakarta.

“Sementara ini JIEC Ancol untuk balapan mobil, bila digunakan untuk balap sepeda motor harus dimodifikasi, karena trek berbeda. Belum aman untuk penggunaan sebagai trek sepeda motor,” pungkasnya.



#Jakarta #International #EPrix #Circuit #Dibuat #Permanen #Multifungsi #Balap #Kendaraan #Listrik #dan #ICE

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.