xEV Center Toyota Milik PT TMMIN Resmi Jadi Lokasi Pengembangan Teknologi Kendaraan Terelektrifikasi

  • Share
Toyota Gandeng Generasi Muda dan Akademisi untuk Riset Mobil Listrik di Indonesia

Mudikgratis.co.id – Jajaran Kementerian Perindustrian RI meresmikan fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi serta energi hijau milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Diberi nama xEV Center Toyota, gedung berlokasi dalam lingkungan pabrik PT TMMIN Karawang 3.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi PT TMMIN, proses pembangunan fase pertama berlangsung Juli 2020, dan nantinya akan menjadi fasilitas edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh publik. Baik pihak pemerintah, akademisi, siswa sekolah, dan masyarakat umum.

Fasilitas xEV Center Toyota di Karawang, Jawa Barat. [ANTARA/Ade Irma Junida].

“Di tengah upaya pemerintah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, pembangunan xEV Center oleh TMMIN berperan penting dalam mendidik dan menginspirasi masyarakat, termasuk generasi berikutnya, untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan elektrifikasi di Tanah Air,” jelas Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

“xEV Center merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi positif triple helix antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif,” sambut Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT TMMIN.

Baca Juga:
Dari Sampah Jadi Berkah, Waste Solution Hub Sediakan Solusi Pengolahan Sampah Terintegrasi

Untuk memudahkan publik dalam memahami ragam informasi terkini terkait elektrifikasi, pemaparan secara detail di xEV Center Toyota terbagi ke dalam beberapa zona yaitu Inisiatif Lingkungan; Teknologi; Ekosistem Hijau; dan Masyarakat Berkelanjutan.

Di Fase Pertama, xEV Center difokuskan untuk menyajikan beragam informasi terkait elektrifikasi dengan berbagai fasilitas seperti HEV, PHEV, BEV Showcase & Driving Experience, xEV Cut Body, xEV Main Component (Battery, Power Control Unit /PCU, Transaxle), serta Outdoor Charging Station.

Pengunjung juga dapat merasakan pengalaman nyata dan sensasi berkendara menggunakan beragam jenis pilihan teknologi kendaraan elektrifikasi di area Driving Experience serta fasilitas pengisian ulang daya juga dihadirkan melalui Outdoor Charging Station.

Nantinya, xEV Center akan meningkatkan fasilitasnya sebagai Toyota Capability Center dengan perluasan area Eco-Renewable Energy and Research lalu akan diikuti dengan area Mobility.

Baca Juga:
Kampung Lali Gadget di Sidoarjo Jawa Timur, Desa Wisata Edukasi Keluarga dengan Kearifan Lokal

Lantas di Fase Kedua, fokus utama adalah elektrifikasi teknologi  dengan fokus pada energi hijau akan menjadi target PT TMMIN.

Kemudian di Fase Ketiga adalah pembangunan xEV Center dengan fokus pada Mobility.

Langkah Toyota Indonesia menuju era elektrifikasi di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kesiapan rantai pasok, sumber daya manusia, sampai layanan purna jual.

Toyota Indonesia percaya harus ada solusi praktis dan berkelanjutan dengan menggabungkan berbagai pilihan dan teknologi seperti LCGC, flexy-engine, HEV, PHEV, BEV, dan PHEV yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang beragam.

Transisi SDM, teknologi, dan kesiapan rantai pasok dalam menghadapi era elektrifikasi diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional bagi 1,5 juta SDM yang berada di dalamnya dari sektor hulu hingga hilir.

Langkah pengembangan xEV Center Toyota Indonesia ini selaras dengan kebijakan Indonesia memasuki peralihan transportasi rendah emisi yang lebih ramah lingkungan.

Presiden Joko Widodo telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang akan menurunkan emisi karbon sebesar 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, pemangku kepentingan, dan industri sangat berperan bagi pencapaian Netralitas Karbon untuk kehidupan berkelanjutan di masa depan.



#xEV #Center #Toyota #Milik #TMMIN #Resmi #Jadi #Lokasi #Pengembangan #Teknologi #Kendaraan #Terelektrifikasi

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.