Operasi Microsleep, Kolaborasi PT Hutama Karya dan Polda Lampung untuk Reduksi Kecelakaan Jalan Tol

  • Share
Berikan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Pemudik Lebaran 2022, Polda Lampung Gelar Simulasi Evakuasi Udara di Jalan Tol

Mudikgratis.co.id – Lebaran 2022 baru saja berlalu, lengkap dengan romantika arus mudik serta arus balik. PT Hutama Karya (Persero) mencetak keberhasilan menekan angka kecelakaan hingga 40 persen di Jalan Tol Trans Sumatera. Lewat Operasi Microsleep.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Hutama Karya, Operasi Microsleep adalah hasil kolaborasi bersama Polda Lampung di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Hutama Karya menginisiasi kegiatan Operasi Microsleep secara acak di ruas-ruas tol sepanjang JTTS dengan menggandeng Polres daerah setempat dalam pelaksanaannya,” jelas Dwi Aryono Bayuaji, Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Ilustrasi mengantuk saat mengemudi [Shutterstock].

Microsleep adalah pemicu utama kecelakaan di jalan tol. Yaitu membuat pengendara tidak sadar sudah terlelap tidur dalam beberapa detik saat mengemudi. Hal ini terjadi karena pengemudi sudah sangat kelelahan.

Baca Juga:
Dukung Olah Raga Otomotif, Pemkab Gorontalo Gelar “Ketupat Ekstreme Racing Adventure Off-Road”

Operasi Microsleep ini ternyata bisa menekan kecelakaan secara signifikan. Hutama Karya bersama Polres setempat memeriksa beberapa pengendara mobil yang diyakini kelelahan menyetir. Setelah itu, kami meminta mereka istirahat dan kami berikan makan camilan agar kembali bugar,” jelas Dwi Aryono Bayuaji.

Para pengemudi juga sangat kooperatif saat Operasi Microsleep ini digelar. Ketika diminta istirahat dan tidak melanjutkan perjalanan, mereka langsung setuju.

“Karena sadar bahwa keselamatan adalah hal yang paling utama dalam arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 ini,” tandas Dwi Aryono Bayuaji.

Dansa Bersama Spot, Robot Hyundai-Boston Dynamics di IIMS Hybrid 2022

Hutama Karya mencatat angka kecelakaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menurun sekitar 40 persen dibandingkan dengan 2019.

Baca Juga:
Kerja Sama BMW Motorrad Spanyol dan Pangea Hasilkan Paket Wisata Otomotif Pemicu Adrenalin

Data 2019 menjadi acuan perbandingan dikarenakan pada 2020 dan 2021 tidak terdapat aktivitas arus mudik dan arus balik di JTTS sehubungankebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan penyekatan di jalan tol yang dikelola.

Pada 2019, angka kecelakaan mencapai 10 kasus. Sedangkan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 ini, angka kecelakaan menurun menjadi empat kasus saja.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra, keberhasilan menekan angka kecelakaan dikarenakan ada kolaborasi antara Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Polda Lampung dengan beberapa pemangku kepentingan lainnya.

Gerbang Tol kelolaan PT Hutama Karya. Sebagai ilustrasi (Persero).

“Keberhasilan ini merupakan kerja sama semua pihak, yang tergabung dalam Operasi Ketupat Krakatau 2022, 28 April – 9 Mei 2022,” tandasnya.

Pada saat arus mudik Lebaran 2022, Polda Lampung juga ikut menyiapkan beberapa satgas untuk menekan angka kecelakaan itu.

Salah satunya kerja sama Direktorat Polantas dan Direktorat Sabhara yang ikut mendukung petugas patroli jalan tol secara bersamaan rutin melakukan patroli bersama untuk mencegah kecelakaan terjadi di ruas bebas hambatan.



#Operasi #Microsleep #Kolaborasi #Hutama #Karya #dan #Polda #Lampung #untuk #Reduksi #Kecelakaan #Jalan #Tol

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version