Posisi Tubuh Saat Bermotor Ternyata Bisa Pengaruhi Fisik Jadi Cepat Lelah

  • Share
Posisi Tubuh Saat Bermotor Ternyata Bisa Pengaruhi Fisik Jadi Cepat Lelah

Mudikgratis.co.id – Berkendara pakai sepeda motor terasa lebih efisien juga mengasyikkan. Dengan moda transportasi roda dua ini bisa tiba lebih cepat sekaligus lebih hemat.

Namun berkendara pakai sepeda motor perlu memperhatikan beberapa hal. Khususnya posisi tubuh saat berkendara agar lebih aman dan tidak cepat lelah.

Danang Hermanto, salah satu instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta mengungkapkan beberapa tips terkait posisi berkendara ergonomis.

Ilustrasi posisi tubuh saat mengemudi. Diambil dari acara Fun Touring Yamaha Fazzio bersama Yamaha dealer DDS 1 Jabodetabek [Mudikgratis.co.id/Manuel Jeghesta Nainggolan].

“Posisi tubuh ikut mempengaruhi keselamatan berkendara dan juga daya tahan tubuh saat berkendara. Tidak jarang ada yang salah menempatkan posisi tubuh saat berkendara motor, sehingga memperburuk pengendalian motor. Juga menyebabkan mudah lelah saat bawa motor,” tutur Danang Hermanto.

Baca Juga:
Performa Rolls-Royce Black Badge Ghost Meningkat, Ini Spesifikasi Teknis Terbarunya

Berikut tips yang diberikan oleh Danang Hermanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta untuk mengkoreksi kebiasaan duduk saat mengemudi yang kurang proporsional:

1.Sesuaikan posisi duduk sesuai postur pengendara serta relaks, duduk di tengah jok motor, tidak terlalu maju atau mundur, maupun miring ke samping. Hal ini sangat penting, bila posisi duduk tidak pas di tengah, akan mengganggu keseimbangan dan efek buruknya tubuh akan lebih cepat lelah.

2.Posisikan kaki di tempat pijakan kaki yang sudah disediakan. Posisi kaki mendekap tangki untuk motor sport atau berada di dalam cover depan untuk motor matik untuk menjaga keseimbangan, sehingga pengendalian motor akan lebih mantap dan tubuh tidak mudah lelah.

3.Melemaskan otot bahu dan siku saat memegang setang motor. Saat berkendara tentu pengendalian motor juga bertumpu pada tangan. Posisikan bahu dan siku seolah-olah memeluk bola besar atau membentuk huruf O. Posisikan genggaman tangan di setang dengan rileks dan kekuatan yang cukup, dengan ini lengan bisa lebih nyaman dan pengendalian motor bisa lebih leluasa.

4.Pandangan luas ke depan, arahkan pandangan dan kepala luas ke depan, dengan cara ini bisa mengantisipasi kondisi jalanan lebih baik.

Baca Juga:
Rolls-Royce Black Badge Ghost Debut di Indonesia, Suguhkan Alter Ego Gaya Edgy dan Pemberani



#Posisi #Tubuh #Saat #Bermotor #Ternyata #Bisa #Pengaruhi #Fisik #Jadi #Cepat #Lelah

Sumber : www.suara.com

  • Share