Belum Banyak yang Tahu, Kenali Tips Aman Berkendara saat Bawa Barang di Motor

  • Share
Belum Banyak yang Tahu, Kenali Tips Aman Berkendara saat Bawa Barang di Motor

Mudikgratis.co.id – Alat transportasi seperti motor memang dikhususkan untuk mengangkut penumpang. Tetapi terkadang pemotor pun menggunakan kendaraan ini untuk mengangkut barang.

Hal ini guna menunjang aktivitas keseharian mereka untuk mengais rezeki demi keluarga tercinta. Namun tak sedikit pemotor saat membawa barang justru bisa membahayakan keselamatannya.

Padahal keselamatan pemotor saat berkendara sangat penting. Apalagi pemotor yang membawa barang overload juga bisa membahayakan pengguna jalan lain.

“Keselamatan berkendara harus selalu menjadi prioritas, termasuk ketika membawa barang bawaan. Kelalaian berkendara seperti membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas dapat membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain. Oleh karena itu, bijaklah dalam membawa barang bawaan sesuai dengan beban yang dianjurkan dan tidak melebihi aturan dimensi yang diperbolehkan,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM)
Johanes Lucky.

Baca Juga:
Motor Jadul dengan Nilai Tinggi di Bursa Motor Bekas: Banyak Diburu Kolektor, Ini 5 Opsinya

Tips aman bawa barang saat naik motor agar tidak celaka di jalan (Dok. AHM)

Lalu bagaimana sih tips aman yang bisa dilakukan pemotor saat hendak mengangkut barang bawaan agar tidak membahayakan mereka sendiri ataupun pengguna jalan lain. Berikut 5 tips yang bisa dilakukan dan diterapkan.

1. Perhatikan berat barang bawaan

Pemotor wajib memperhatikan barang bawaan. Disarankan untuk tidak melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor.

Di buku panduan sepeda motor, tertulis beban maksimal barang bawan yang bisa ditampung oleh sebuah kendaraan. Nah, pemotor perlu mencermati setiap informasi yang tercantum di dalamnya.

Jika dipaksakan untuk membawa barang bawaan yang terlalu berat, bisa menyebabkan risiko seperti kondisi suspensi pada motor rusak. Tak cuma itu saja, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampak dari hal ini.

Baca Juga:
Kocak! Lagi Serius Bikin Video Klip malah Ada Pemotor Lewat Tanpa Permisi

2. Lebar barang tidak melebihi panjang setang motor



#Belum #Banyak #yang #Tahu #Kenali #Tips #Aman #Berkendara #saat #Bawa #Barang #Motor

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *