Hyundai Motor America Lakukan Recall Produk Terkait Seatbelt Pretensioner

  • Share
Hyundai Motor America Lakukan Recall Produk Terkait Seatbelt Pretensioner

Mudikgratis.co.id – Hyundai Motor America bakal melakukan recall atau penarikan kembali atas produknya yang beredar di Amerika Utara.

Recall ini dilakukan setelah tiga laporan cedera, yang melibatkan unit Hyundai Accent hybrid tahun produksi 2019-2022, Hyundai Elantra 2021-2023, dan Hyundai Elantra 2021-2022.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters pada Rabu (25/5/2022), akan ada 281 ribu unit produk Hyundai terdampak recall ini. Isunya adalah seatbelt pretensioner atau pretensioner sabuk pengaman yang bisa meledak hingga menimbulkan pecahan logam penyebab cedera pada penggunanya.

Baca Juga:
Performa Rolls-Royce Black Badge Ghost Meningkat, Ini Spesifikasi Teknis Terbarunya

Seatbelt pretensioner adalah bagian dari sistem pengunci sabuk pengaman agar tetap di tempatnya saat terjadi kecelakaan. Gunanya memberikan perlindungan tambahan terhadap pengguna mobil.

Pada kasus penyebab recall ini, saat terjadi kecelakaan pretensioner sabuk pengaman pengemudi depan atau sisi penumpang bisa meledak saat kondisi aktif.

Dalam perbaikan recall nanti, pihak dealer akan mengamankan pretensioner sabuk pengaman menggunakan penutup.

Genesis GV80, sebagai ilustrasi [Hyundai via USA Today].

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) pada Selasa (24/5/2022) menyebutkan recall Hyundai Motor America ini diperluas dan menggantikan empat penarikan sebelumnya.

Yaitu semua model Hyundai Accent, Hyundai Elantra, dan Hyundai Elantra HEV yang telah diperbaiki berdasarkan penarikan sebelumnya harus menyelesaikan perbaikan seatbelt pretensioner ini.

Baca Juga:
Rolls-Royce Black Badge Ghost Debut di Indonesia, Suguhkan Alter Ego Gaya Edgy dan Pemberani

Penarikan baru mencakup 239.000 kendaraan di Amerika Serikat dan sekitar 42.000 di Kanada, kata Hyundai. Dua kejadian cedera karena peranti ini dilaporkan terjadi di Amerika Serikat, dan satu di Singapura.

Pada September tahun lalu, NHTSA memberi tahu Hyundai tentang insiden kecelakaan yang melibatkan Hyundai Elantra 2021, di mana seatbelt pretensioner sisi pengemudi diduga dipasang secara tidak normal. Akibatnya pecahan logam melukai kaki penumpang. Agensi telah meminta Hyundai untuk menilai kasus ini.

Hyundai, yang telah menyelidiki secara ekstensif akar penyebab masalah ini mengatakan bahwa pihaknya masih secara aktif menyelidiki model Hyundai Venue dan Genesis GV70 atau Genesis GV80 yang sebelumnya ditarik.



#Hyundai #Motor #America #Lakukan #Recall #Produk #Terkait #Seatbelt #Pretensioner

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *