Jangan Keliru Biar Kerusakan Tak Makin Parah

  • Share
Jangan Keliru Biar Kerusakan Tak Makin Parah

Mudikgratis.co.id – Banjir rob di Semarang akibat jebolnya tanggul memang menjadi musibah untuk banyak orang. Selain kondisi jalanan yang terendam dan aktivitas yang terganggu, dampak besar akan terasa pada kondisi kendaraan bermotor. Jika Anda memiliki motor dan terkena dampak banjir ini, Anda wajib paham langkah awal jika motor terendam banjir.

Sebenarnya langkah ini cukup mudah dilakukan, tapi tetap direkomendasikan untuk mengunjungi bengkel agar tak ada langkah yang salah. Berikut beberapa langkah awal jika motor terendam banjir agar terhindar dari kerusakan serius.

Ilustrasi Banjir (Pixabay)

1. Pastikan Jangan Mencoba Menyalakannya

Resiko masuknya air, apalagi air banjir rob ke dalam mesin motor akan sangat besar. Maka dari itu, jangan mencoba menyalakan motor setelah terendam banjir untuk waktu yang cukup lama. Langkah ini penting untuk mengantisipasi adanya kerusakan piston atau sistem kelistrikan motor Anda.

Baca Juga:
MX King 155: Begini Jadinya Jika Yamaha Exciter 155 Vietnam Didatangkan ke Indonesia, Apa Perbedaannya?

2. Kedua, Siram dengan Air Bersih

Banjir rob berasal dari tanggul yang jebol tentu membawa banyak sekali endapan kotoran saat membanjiri pemukiman dan jalanan kota. Ini mengapa, penting untuk memastikan Anda menyiram motor Anda hingga bersih sebelum melakukan langkah selanjutnya.

Bilas dengan air bersih hingga setidaknya di bagian luar tampak sudah bebas dari kotoran atau lumpur, baru lanjutkan untuk langkah selanjutnya.

3. Keringkan Bagian Busi dan Rumah Busi

Busi menjadi pemantik pengapian di dalam kendaraan. Ketika busi basah, maka tidak akan ada api yang muncul dari bagian ini. Alih-alih menjadi sistem pengapian, busi dan rumah busi yang basah justru bisa memicu kerusakan.

Baca Juga:
Biaya STNK Hilang: Lengkap dengan Syarat dan Langkah-Langkah untuk Bisa Dibuat Kembali

Lepas busi dan keringkan, demikian pula dengan rumah busi. Pastikan dua bagian ini kering total sebelum Anda memasangnya kembali dengan benar.

4. Kondisi Mesin

Selanjutnya yang wajib dicek adalah kondisi mesin. Jika motor terendam banjir cukup lama, ada resiko besar air dan endapan kotoran masuk ke bagian dalam mesin. Tentu saja ini kabar buruk, karena Anda harus melakukan pembongkaran mesin untuk membersihkannya.

Periksa setiap bagian, seperti CVT (jika motor matic), bak engkol, bak kopling, blok silinder, kepala silinder, hingga karburator. Pastikan semua sudah dibersihkan dan bebas dari kotoran yang tidak sengaja masuk.

5. Oli Mesin dan Gardan

Kondisi oli yang sudah tercampur air akan berwarna cokelat keabu-abuan. Lakukan pengurasan oli hingga bak oli bersih, dan ganti dengan oli baru yang biasa Anda gunakan.

6. Rem dan Knalpot

Kedua bagian ini juga rawan mendapat efek buruk dari banjir, apalagi banjir rob. Selalu pastikan rem dan knalpot benar-benar bersih dari endapan atau kotoran sebelum mulai menggunakan motor untuk beraktivitas rutin kembali.

7. Jangan Ragu Bawa ke Bengkel

Sebagai tips terakhir dari artikel ini, adalah jangan ragu mengunjungi bengkel untuk membereskan motor yang terendam banjir. Selalu pastikan Anda menggunakan bengkel kepercayaan Anda, agar mendapat hasil maksimal.

Itu tadi langkah awal jika motor terendam banjir yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Jangan #Keliru #Biar #Kerusakan #Tak #Makin #Parah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.