Tips Rawat Rem Tromol Sepeda Motor, Jangan Lupa Periksa Kinerja Bearing Roda

  • Share
Tips Rawat Rem Tromol Sepeda Motor, Jangan Lupa Periksa Kinerja Bearing Roda

Mudikgratis.co.id – Di sektor roda dua, dikenal dua sistem rem selaras konstruksi kendaraan, yaitu tipe rem hidraulik (rem cakram), serta rem mekanis (rem tromol).

Disebut kedua operasionalnya menggunakan sistem mekanis yang mengandalkan sling atau kawat rem, lantas dihubungkan ke handle rem.

“Mengingat pentingnya keberadaan rem pada sepeda motor, termsauk tipe rem tromol, pengguna mesti memperhatikan perawatannya,” imbau Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) dalam rilis resmi Yamaha Indonesia, sebagaimana diterima Mudikgratis.co.id.

Ilustrasi rem tromol sepeda motor [ANTARA]

Disebutkannya bahwa kondisi rem tromol yang bagus dan terawat sangat membantu pengguna motor di sektor keselamatan berkendara. Sehingga aktivitas bisa lancar, tanpa terjadi gangguan di perjalanan yang membahayakan pengguna sepeda motor sendiri, maupun pemakai jalan lainnya.

Baca Juga:
Ada Simbol Matematika di Rolls-Royce Black Badge Ghost, Potensi Daya Beli Konsumen Asia Pasifik Tinggi

Berikut adalah tips perawatan rem tromol sepeda motor dari PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu), sebagai bagian dari tip merawat motor:

Membersihkan rem tromol

Hal pertama dalam perawatan rem tromol adalah memahami cara membersihkannya. Untuk penerapannya sendiri agak rumit. Sehingga, disarankan untuk meminta bantuan kepada mekanik supaya bisa menerapkan pembersihan rem tromol.

Pasalnya, harus membuka as roda dan beberapa baut yang saling terhubung di bagian tutup tromol.

Bila sudah terbuka akan tampak kampas rem dan tromol yang berdebu yang pekat, lengket dan menempel. Cukup dibersihkan pakai kuas dan air sabun agar debu yang menempel hilang.

Baca Juga:
The Best 5 Oto: Bentley Azure Range Tampil Menawan, Pembiayaan Sepeda Motor Listrik FIFGROUP, Elektrifikasi Toyota

Bila perlu, bersihkan juga kampas rem menggunakan sikat kawat atau amplas kasar. Tujuannya agar permukaan menjadi kasar yang bisa memicu jepitan kampas rem ke tromol menjadi lebih pakem.

Cek sistem rem tromol

Selalu memeriksa mekanisme kerja handle rem, kabel dan tuas rem. Jika kondisi gerak bebas handle rem terlalu jauh atau di luar spesifikasi saat pengereman, segera lakukan penyetelan dengan memutar mur pada tuas rem di tromol.

Menjaga dan cek rutin kondisi performa bearing roda

Selain itu, cara merawat rem tromol agar tetap awet dan pakem adalah melakukan perawatan bearing roda. Pasalnya, bearing roda yang sudah tidak pas akan memicu kampas rem tromol kurang rata.

Upayakan selalu melakukan pengecekan bearing roda secara berkala. Saat sedang membongkar roda belakang, bila perlu berikan grease/minyak gemuk pada bearing roda agar putaran roda menjadi lancar.

Segera bersihkan dan bilas dengan air saat terkena hujan

Ketika musim hujan, umumnya air hujan yang bercampur kotoran, termasuk pasir dan debu akan turut masuk di sela-sela as roda. Kondisi ini akan berpengaruh pada kualitas pengereman.

Jika kondisi ini dibiarkan maka akan merusak atau mengurangi kepakeman rem atau membuat rem menimbulkan suara berderit saat rem digunakan.

Jadi, setelah sepeda motor dibawa dalam kondisi hujan, termasuk melewati rute becek sebaiknya harus segera dibersihkan dengan cara membilas bagian tromol rem dengan air bersih. Sehingga kotoran yang terbawa saat hujan akan hilang. Cara ini membuat kondisi rem tromol lebih terawat.

Perlu dipahami bahwa membersihkan dan memeriksa sistem mekanis rem bertujuan untuk menghindari rem tromol macet atau rem tidak terbebas saat handle rem sudah diturunkan. Juga menghindari kondisi roda tidak berputar padahal handle rem sudah diturunkan.

Selalu cek kampas rem

Selanjutnya, lakukan pemeriksaan pada ukuran ketebalan kampas rem dengan melihat tanda indikator keausan rem “” (segitiga) pada tangkai rem di tutup tromol.

Jika memang ketebalan kampas rem sudah di luar ketentuan atau sudah mulai menipis, kampas rem harus diganti. Saat menggantinya harus menggunakan satu set sepatu rem secara lengkap. Disarankan melakukan servis ini di bengkel resmi sehingga bisa ditangani langsung oleh mekanik.



#Tips #Rawat #Rem #Tromol #Sepeda #Motor #Jangan #Lupa #Periksa #Kinerja #Bearing #Roda

Sumber : www.suara.com

  • Share