Anak Usaha Bakrie Gandeng PENS untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

  • Share
Anak Usaha Bakrie Gandeng PENS untuk Kembangkan Kendaraan Listrik

Mudikgratis.co.id – PT VKTR Teknologi Mobilitas, anak perusahaan PT Bakrie & Brothers yang bergerak di bidang manufaktur elektrifikasi transportasi dan ekosistem telematika, bersama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berkolaborasi mengembangkan komponen dan mekatronika kendaraan listrik

Kolaborasi dua lembaga ini ditandai dengan penyerahan bus listrik merek BYD type K9 oleh Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Gilarsi W. Setijono kepada Direktur PENS Aliridho Barakbah.

“Dari studi ke depannya kita akan mampu mengembangkan aspek telematika dan mekatronika dari kendaraan listrik secara mandiri,” kata Gilarsi dalam keterangan di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Gilarsi mengatakan, kolaborasi yang ditandai dengan berdirinya EV Innovation Lab ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani kedua pihak, yang menyepakati sejumlah langkah strategis untuk mewujudkan kerja sama di bidang penelitian, pengembangan, dan inovasi teknologi elektrifikasi transportasi.

Baca Juga:
Negara-negara G20 Diminta Bahas Isu Sampah Baterai Kendaraan Listrik

Kerja sama antara VKTR dan PENS ini nantinya akan bermuara pada tiga hal, yaitu pertama pengembangan komponen telematika dan mekatronika, kedua repowering bus dan angkot dari mesin bensin menjadi listrik, dan ketiga pengembangan teknologi motor listrik.

Dalam hal pengembangan telematika, lanjut Gilarsi, VKTR bersama PENS akan melakukan studi secara mendalam terhadap aspek telekomunikasi dan informatika yang ada di dalam kendaraan listrik. Sedangkan dalam hal mekatronika, studi akan banyak difokuskan kepada aspek teknik mesin, teknik listrik dan perangkat lunak yang ada di dalam kendaraan listrik.

Kerja sama ini juga menjangkau studi yang akan memungkinkan VKTR dan PENS membangun industri yang mampu mengonversi alat transportasi publik dari mesin berbahan bakar energi fosil menjadi kendaraan listrik.

“Bersama PENS kita juga akan mengembangkan teknologi motor listrik. Salah satunya dengan menghadirkan motor listrik yang memiliki teknologi self-balance, sehingga jauh lebih nyaman dikendarai dibanding motor yang sudah ada selama ini,” katanya.

Direktur PENS, Aliridho Barakbah, mengatakan kolaborasi dengan VKTR menjadi terobosan yang akan membantu membangun budaya inovasi di kampusnya serta budaya inovasi di PENS.

Baca Juga:
Tempuh Jarak 796 Km, PT VKTR Sukses Membawa Bus Listrik dari Jakarta ke Surabaya via Tol Trans Jawa

“Kerja sama ini menjadi awal yang baik dari upaya menciptakan satu ekosistem yang saling mendukung dalam elektrifikasi transportasi di Indonesia secara jangka panjang dan berkelanjutan, oleh perguruan tinggi dan industri,” kata Aliridho.

PT VKTR Teknologi Mobilitas mendatangkan 1 unit bus listrik merek BYD tipe K9 di Kampus PENS. Bus dengan panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,3 meter ini dikendarai via Tol Trans Jawa, dari Jakarta menuju Surabaya, dengan penumpang sebanyak 9 orang.



#Anak #Usaha #Bakrie #Gandeng #PENS #untuk #Kembangkan #Kendaraan #Listrik

Sumber : www.suara.com

  • Share
Exit mobile version