Yamaha Bagikan Tips Perawatan Motor Akibat Banjir Air Pasang

  • Share
Yamaha Bagikan Tips Perawatan Motor Akibat Banjir Air Pasang

Mudikgratis.co.id – Akhir pekan lalu (27-28/5/2022), Yamaha DDS 3 Semarang memberikan layanan gratis dan penggantian oli secara cuma-cuma kepada pengguna sepeda motor yang mengalami banjir rob, banjir air asin, atau banjir air pasang.

“Kami hadir di halaman Kelurahan Tanjung Mas Semarang pada 27-28 Mei 2022 untuk membantu masyarakat yang sepeda motornya terendam banjir. Tidak hanya merek Yamaha, tetapi semua sepeda motor kami bantu,” papar Tri Cahyo Pramono, Koordinator Service Yamaha DDS 3 Semarang.

Pelaksanaan CSR “Tanggap Banjir Rob Semarang” yang dilakukan Yamaha DDS 3 Semarang pekan lalu (27-28/5/2022) [Yamaha Indonesia].

Banjir rob itu melanda Semarang dan kota-kota lainnya di sepanjang Pantai Utara Jawa Tengah. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun korban material jelas tak terhitung, termasuk sepeda motor yang harus terendam akibat banjir rob.

“Kami turut prihatin kepada semua masyarakat yang terdampak banjir rob. Dan sebagai salah satu kepedulian dari kami, Yamaha DDS 3 Semarang memberikan servis gratis dan penggantian oli gratis kepada konsumen Yamaha,” imbuh Tri Cahyo Pramono.

Baca Juga:
Tips Rawat Rem Tromol Sepeda Motor, Jangan Lupa Periksa Kinerja Bearing Roda

Lantas bagaimana dengan penanganan atau ketentuan garansi pada sepeda motor Yamaha yang masih memiliki masa garansi?

Tri Cahyo Pramono menjelaskan bahwa garansi akan berlaku apabila kerusakan terjadi bukan karena kesalahan pemakaian, bencana alam dan karena faktor kecelakaan.

Juga tidak ada modifikasi pada bagian atau yang berhubungan dengan part yang akan diklaim.

“Jelas garansi akan berlaku apabila menggunakan part asli dan oli sesuai spesifikasi,” ujarnya.

Selain memberikan layanan gratis dan melakukan pengecekan, Yamaha DDS 3 Semarang juga berbagi tips dan perawatan sepeda motor kepada pengguna kendaraan roda dua sebagai berikut, menurut rilis resmi Yamaha Indonesia sebagaimana diterima Mudikgratis.co.id:

Baca Juga:
Yamaha Riding Academy Bagikan Tips Touring, Mari Bepergian Eksplorasi Tempat Wisata dan Jaga Kesehatan

Perhatikan komponen terkena banjir air asin atau rob mesti dibersihkan untuk mencegah terjadinya korosi atau karat [Yamaha Indonesia].
Perhatikan, komponen terkena banjir air asin atau rob mesti dibersihkan untuk mencegah terjadinya korosi atau karat [Yamaha Indonesia].

Bersihkan motor

  • Cuci sepeda motor dengan air bersih dan sabun. Hal ini untuk menghindari korosi atau karat akibat air laut yang bersifat korosif.
  • Cek kelistrikan motor atau jalur kabel
  • Jangan langsung menghidupkan main switch atau kunci kontak. Pastikan jalur kabel atau rumah sekering kering dan bersih dari kotoran atau karat.

Ganti oli mesin dan oli gardan

  • Penggantian oli mesin dan oli gardan dilakukan karena pelumas terkontaminasi dengan air. Jika perlu lakukan overhaul mesin untuk membersihkan bagian dalam mesin.

Periksa saringan udara

  • Cek filter udara, dan jika memang terendam ganti filter udara dengan yang baru.
  • Periksa busi dan tutup busi
  • Ganti busi dan pastikan cop busi saat kondisi mesin sudah kering sehingga mencegah kebocoran pengapian.
  • Tidak menghidupkan mesin
  • Jangan langsung menghidupkan mesin, pastikan sudah tidak ada air di dalam mesin. Hal terburuk yang terjadi adalah water hammer yang dapat merusak mesin.



#Yamaha #Bagikan #Tips #Perawatan #Motor #Akibat #Banjir #Air #Pasang

Sumber : www.suara.com

  • Share