Tips Merawat Helm Agar Awet dan Tidak Apek, Jangan Lupa Perhatikan Kondisi Kelembapan Kepala

  • Share
Tips Merawat Helm Agar Awet dan Tidak Apek, Jangan Lupa Perhatikan Kondisi Kelembapan Kepala

Mudikgratis.co.id – Helm merupakan salah satu perangkat keselamatan yang wajib digunakan saat berkendara sepeda motor. Selain berfungsi sebagai pelindung kepala, kekinian tampilannya juga semakin keren dan mengikuti mode.

Sehingga selain faktor safety, unsur fashion juga ikut dikedepankan.

Agar fungsi helm terjaga, sementara penampilan tetap gaya, namun penggunanya juga tetap sehat, dibutuhkan perawatan berkala.

Pomade kaum lelaki atau minyak rambut. Sebagai ilustrasi [Pexels.com/Castorly Stock].

Main Dealer Yamaha PT Lautan Teduh (Lampung), bagian dari Yamaha Indonesia memberikan tips cara merawat helm agar awet. Sehingga bikers selalu tampil percaya diri bersama helm andalannya.

Baca Juga:
Perusahaan Mobil Patungan Rusia Bersiap Pasok Komponen Lagi

Berikut cara merawat pelindung kepala saat bermotor atau helm:

Jangan taruh helm sembarangan

Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion, agar mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh.

Helm bisa dimasukkan di bagasi motor agar aman baik dari hujan ataupun si tangan panjang yang hendak mencuri. Bisa pula diletakkan di penitipan helm.

Hindari menggunakan helm saat rambut basah

Baca Juga:
Fiat-Garmin Luncurkan Panda dan Tipo Edisi Khusus Bagi Para Petualang Alam Bebas

Sering pengguna sepeda motor bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu-buru.

Kebiasaan ini mesti dihentikan. Pasalnya, rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau dan apek.

Terlebih jika menggunakan pomade atau minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, menghadirkan bau tidak sedap.

Solusi yang bisa dilakukan agar helm tidak bau dan tetap wangi, coba gunakan shower cap tipis setelah menggunakan minyak rambut atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah bersentuhan langsung dengan helm.

Cuci helm minimal satu bulan sekali

Helm yang dipakai setiap hari rentan memunculkan bau tak sedap. Oleh karena itu, mesti rutin mencuci helm satu bulan sekali.

Namun, intensitas mencuci helm sekali dalam sebulan bukanlah pedoman yang wajib, tentu bisa disesuaikan dengan rutinitas pemakaian dan kondisi helm. Jika merasa bahwa dalam dua minggu helm sudah sangat bau dan perlu dicuci, maka segeralah mencucinya.

Perhatikan cara mencuci helm yang benar

Mencuci helm tentu tidak bisa sembarangan karena helm terdiri dari beberapa bagian dengan material yang berbeda-beda. Butuh perlakuan khusus tiap bagiannya jika menginginkan helm lebih awet.

Apabila tidak ingin ribet saat mencuci helm, laundry helm sekarang sudah banyak tersedia.



#Tips #Merawat #Helm #Agar #Awet #dan #Tidak #Apek #Jangan #Lupa #Perhatikan #Kondisi #Kelembapan #Kepala

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *