ASN Kabupaten Buton Uji Coba Sepeda Motor Listrik Gesits

  • Share
ASN Kabupaten Buton Uji Coba Sepeda Motor Listrik Gesits

Mudikgratis.co.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara menjadi pemula uji coba penggunaan sepeda motor listrik Gesits.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis tertulis, La Bakry, Bupati Buton menyatakan bahwa penggunaan sepeda motor listrik menjadi salah satu upaya pemerintah dalam rangka menurunkan emisi karbon di sektor transportasi.

“Sesuai kebijakan pemerintah dalam rangka uji coba penggunaan motor listrik, kami coba dahulu lima unit motor kepada ASN. Tujuannya membantu menjalankan tugas, kemudian dapat tersosialisasikan kepada masyarakat,” paparnya di Baubau, ibu kota Pulau Buton, Selasa (31/5/2022).

Bupati Buton, La Bakry menyerahkan lima unit motor listrik Gesits kepada ASN daerah itu, di Pasarwajo, Buton [Antara/HO].

Gesits (Garasindo Electric Scooter) adalah sepeda motor listrik pertama buatan dalam negeri yang dikembangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Inilah kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Baca Juga:
Era Sepeda Motor Listrik Akan Tiba, Begini Skema Pembiayaan dari PT FIFGROUP

Menurut Bupati Buton, Gesits mampu menghemat biaya dan ramah lingkungan karena satu kali charge untuk perjalanan 50 km membutuhkan biaya Rp 1.500 saja.

Selain itu, Gesits tidak memerlukan pelumas mesin atau oli. Semua beroperasi secara elektrik, dengan luaran tenaga listrik sebesar 5 KW yang digunakan sebagai pengganti bahan bakar.

“Selain itu, Gesits juga ramah lingkungan dikarenakan tidak adanya pengeluaran emisi karbon. Sehingga motor listrik bisa menjadi solusi untuk mengurangi polusi yang ada di Indonesia,” lanjut La Bakry.

Bupati Buton mengatakan lima unit motor listrik yang diserahkan kepada ASN diharapkan mampu menjadi daya tarik kepada masyarakat. Sehingga di masa mendatang mereka berminat menggunakan kendaraan motor listrik yang ramah lingkungan.

Baca Juga:
Sah, Menparekraf Resmikan Layanan Sepeda Motor Listrik di Kawasan Borobudur



#ASN #Kabupaten #Buton #Uji #Coba #Sepeda #Motor #Listrik #Gesits

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.