82 Persen Pengemudi Menyatakan Tidak Fokus Saat Berkendara

  • Share
82 Persen Pengemudi Menyatakan Tidak Fokus Saat Berkendara

Mudikgratis.co.id – Lembaga survei Vinci Autoroutes merilis hasil survei terkait kebiasaan mengemudi para pengendara di 2022.

Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 12.400 pengemudi di 11 negara Eropa, ditemukan bila sebanyak 51 persen pengendara Eropa mengatakan kurang memperhatikan jalan yang berindikasi menyebabkan kecelakaan.

Ilustrasi tidur saat mengemudi (Instagram/sleepydriving/fathorr)

Namun demikian, seperti dilansir dari Rideapart, hasil yang dinilai paling mengkhawatirkan adalah sebanyak 82 persen pengemudi Eropa mengatakan bahwa mereka terkadang mengalihkan pandangan dari jalan selama lebih dari dua detik saat melaju dengan kecepatan 130 kilometer per jam atau lebih.

Sementara hasil survei lain menemukan, 53 persen responden Eropa mengatakan bila mereka terkadang memikirkan hal lain. Dengan demikian secara teknis, fisik mereka mengemudi namun pikiran mereka tidak fokus ke jalan. 

Baca Juga:
Pakai Mobil Buggy Istana Kepresidenan Yogyakarta, Presiden RI Joko Widodo Mengemudi untuk Tiga Cucunya

Selain itu, data juga menunjukkan sekitar 75 persen responden Eropa melaporkan menggunakan smartphone mereka saat mengemudi.

Namun beberapa responden berdalih, pengggunaan smartphone saat mengemudi mereka lakukan untuk memanfaatkan fitur navigasi.

Penggunaan platform navigasi, GPS atau SatNav termasuk di antaranya Waze. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Penggunaan platform navigasi, GPS atau SatNav. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Tetapi d dini tidak dapat diketahui, penggunaan navigasi dilakukan dengan memanfaatkan fitur audio atau menatap layar. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan kecelakaan ketika fokus mengemudi sudah teralih.

Survei juga menemukan bahwa 12 persen responden melaporkan pernah atau hampir mengalami kecelakaan akibat menggunakan smartphone.

Baca Juga:
Tips Hindari Kantuk Saat Mengemudi di Bulan Puasa



#Persen #Pengemudi #Menyatakan #Tidak #Fokus #Saat #Berkendara

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *