Beli Mobil Bekas Lebih Baik DP Rendah atau Cicilan Ringan?

  • Share
Beli Mobil Bekas Lebih Baik DP Rendah atau Cicilan Ringan?

Mudikgratis.co.id – Berdasarkan data yang dirilis para perusahaan pembiayaan, ternyata pembeli mobil bekas di Indonesia lebih dari 50 persen membeli secara kredit. Kondisi itu juga dilakukan berdasarkan kemampuan finansial dari pembelinya.

Dalam kredit mobil, ada sejumlah pilihan yang bisa dipilih konsumen, termasuk pilihan uang muka (DP) rendah atau cicilan ringan.

Dari dua pilihan itu mana yang lebih menguntungkan?

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari mobil88:

Ilustrasi kredit mobil [shutterstock]

Kelebihan Memilih DP Rendah

Baca Juga:
Produksi Mobil Baru Terkendala Chip Semikonduktor, Saatnya Penjualan Mobkas Ditingkatkan

Hanya menyiapkan budget lebih kecil, bisa langsung membawa pulang mobil. Artinya secara waktu, tidak perlu menunggu lama untuk DP. Bisa mempunyai dana cadangan darurat.

Dana yang sudah ditabung tidak digunakan 100 persen, hanya untuk bayar DP, sehingga jika muncul kebutuhan mendesak, tidak perlu repot mencari pinjaman.

Kekurangan

Namun demikian suku bunga akan lebih tinggi. Semakin kecil nilai DP yang dibayarkan, maka suku bunga yang dikenakan dealer atau perusahaan justru lebih besar. Hal ini berlaku juga sebaliknya. Semakin besar nilai DP yang dibayarkan, maka suku bunga yang dikenakan lebih rendah.

Cicilan lebih besar. Nilai cicilan bulanan yang harus dibayarkan pembeli akan mengikuti besaran suku bunga.

Baca Juga:
Pasar Mobil Bekas Diprediksi Alami Pertumbuhan Sepanjang 2022

Memilih Cicilan Ringan

Kelebihan

Penggunaan skema ini adalah beban tanggungan bulanan rendah. Karena besaran cicilan ringan, jadi setiap bulannya biaya yang harus disiapkan juga lebih ringan. Cocok bagi yang kebutuhan bulanannya banyak.

Konsumen jadi memiliki dana cadangan setiap bulannya jikalau mobil yang dibeli harus mampir ke bengkel.

Kekurangan

Namun kekurangannya, harus menyiapkan dana lebih banyak. Karena DP yang dibayarkan lebih besar, maka harus lebih lama dan banyak menabung agar sanggup membayar uang muka yang disepakati.

Kredit cenderung lebih cepat disetujui. Hal ini tidak bisa dianggap mutlak, karena proses pengajuan kredit mobil biasanya juga mempertimbangkan hal lain seperti kemampuan finansial. Namun, jika memilih untuk mengambil opsi ini maka konsumen dianggap mempunyai posisi keuangan yang lebih stabil.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kredit mobil bekas baik dengan DP rendah ataupun cicilan ringan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.



#Beli #Mobil #Bekas #Lebih #Baik #Rendah #atau #Cicilan #Ringan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.