Bahan Bakar Diesel Pertamina Dipakai di Formula E, Bukti Teknologi Mumpuni Dalam Negeri

  • Share
Bahan Bakar Diesel Pertamina Dipakai di Formula E, Bukti Teknologi Mumpuni Dalam Negeri

Mudikgratis.co.id – Penggunaan bahan bakar Pertamina Renewable Diesel atau pertamina RD di ajang balam mobil listrik Formula E pada akhir pekan kemarin di Jakarta membuktikan tingginya kualitas teknologi ramah lingkungan di dalam negeri.

Pertamina RD digunakan dalam ajang Formula E Jakarta untuk mengoperasikan generator yang berfungsi untuk mengisi ulang atau chargin baterai mobil-mobil yang bertanding.

Pakar kendaraan bermotor dari ITB, Iman Kartolaksono Reksowardojo mengatakan penggunaan Pertamina RD di Formula E adalah bukti bahwa bahan bakar diesel ramah lingkungan tersebut diakui oleh dunia internasional.

“Apalagi penggunaannya juga menggunakan katalis, yang asumsi saya menggunakan katalis Merah Putih yang notabene juga berasal dari buatan dalam negeri, sehingga tentu lebih membanggakan lagi,” kata Iman seperti dilansir dari Antara, Senin (6/6/2022).

Baca Juga:
Giring Sebut Formula E Tak Sukses, Sahroni: Tahun Depan Kita Sukseskan

Menurut Iman, teknologi yang digunakan pada Pertamina RD telah berhasil menjawab kebutuhan suplai bahan bakar non fosil untuk beberapa waktu ke depan, seiring dengan semakin menipisnya stok bahan bakar fosil yang notabene merupakan sumber energi tak terbarukan.

Pertamina RD ini, jelas Iman, menggunakan bahan baku nabati, yang sejalan dengan teknologi kendaraan listrik yang juga merupakan produk ramah lingkungan.

“Jadi sejak dari gensetnya menggunakan yang bahan bakar nabati yang tentunya renewable (energi terbarukan), yang dibuat dengan menggunakan katalis buatan dalam negeri untuk mempercepat proses pembuatannya dan listrik yang dihasilkan oleh genset digunakan untuk mengisi ulang bateri mobil listrik. Dari proses awal sampai akhir renewable,” katanya.

Dengan rantai proses yang demikian, maka hal tersebut dalam pandangan merupakan capaian tersendiri yang juga layak untuk diapresiasi.

“Artinya secara penguasaan dan ketersediaan teknologi, (pemakaian Pertamina RD) ini membuktikan bahwa kita sudah semakin siap untuk menuju target zero emission seperti yang kita inginkan selama ini,” tegas Iman.

Baca Juga:
Unggah Foto Kehadiran Tokoh Politik Lintas Partai di Sirkuit, Anies: Formula E Jadi Pemersatu



#Bahan #Bakar #Diesel #Pertamina #Dipakai #Formula #Bukti #Teknologi #Mumpuni #Dalam #Negeri

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.