Pertamina RD Dukung Zero Emission di Formula E Jakarta 2022 Lewat Genset Berteknologi Ramah Lingkungan

  • Share
Pertamina RD Dukung Zero Emission di Formula E Jakarta 2022 Lewat Genset Berteknologi Ramah Lingkungan

Mudikgratis.co.id – Dalam gelaran Formula E Jakarta 2022 pekan lalu, Sabtu (4/6/2022), PT Pertamina (Persero) memberikan dukungan berupa penyediaan Pertamina Renewable Diesel (Pertamina RD). Suplai daya ini digunakan sebagai bahan bakar genset untuk proses isi ulang atau recharging baterai kendaraan balap single seater tenaga listrik yang berlaga.

Dikutip dari kantor berita Antara, pakar kendaraan bermotor Iman Kartolaksono Reksowardojo menilai bahwa penggunaan Pertamina RD dalam gelaran Formula E Jakarta 2022 menunjukkan kualitas teknologi ramah lingkungan buatan Indonesia bisa diandalkan dan dibanggakan di kancah internasional.

Formula E Jakarta [ANTARA].

Iman Kartolaksono Reksowardojo menyatakan bahwa Pertamina RD menggunakan bahan baku nabati, yang sejalan teknologi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV). Produk ramah lingkungan pula.

Teknologi yang digunakan Pertamina RD ini berhasil menjawab kebutuhan suplai bahan bakar non-fosil dalam waktu mendatang. Seiring semakin menipisnya stok bahan bakar fosil yang notabene adalah sumber energi tak terbarukan atau unrenewable.

Baca Juga:
Presiden RI Joko Widodo Sebut Formula E Bagian Sport Otomotif Masa Depan, Simak Spek Baterai Balap Hari Ini

“Apalagi penggunaannya melibatkan katalis, asumsi saya katalis Merah Putih, juga buatan dalam negeri sehingga lebih membanggakan lagi,” papar pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Ilustrasi genset. (Envato)
Ilustrasi genset [Envato Elements].

“Jadi mulai gensetnya menggunakan bahan bakar nabati renewable (energi terbarukan), dibuat menggunakan katalis buatan dalam negeri untuk mempercepat proses pembuatannya, dan listrik yang dihasilkan oleh genset digunakan untuk mengisi ulang baterai mobil listrik. Dari proses awal sampai akhir renewable,” tandas Iman Kartolaksono Reksowardojo.

Dengan rantai proses yang demikian, maka dalam pandangannya rangakain balap ini menghasilkan pencapaian tersendiri. sehingga layak diapresiasi.

“Artinya secara penguasaan dan ketersediaan teknologi, (pemakaian Pertamina RD) ini membuktikan bahwa kita sudah semakin siap untuk menuju target zero emission seperti yang kita inginkan selama ini,” pungkasnya.

Baca Juga:
Driver Jaguar TCS Racing Menangkan Formula E Jakarta 2022, Jet Mercedes-EQ Sambut Presiden RI Saat Grid Walk



#Pertamina #Dukung #Emission #Formula #Jakarta #Lewat #Genset #Berteknologi #Ramah #Lingkungan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.