Ajukan Paten Girboks Baru, Yamaha Bawa Teknologi MotoGP ke Motor Versi Produksi?

  • Share
Ajukan Paten Girboks Baru, Yamaha Bawa Teknologi MotoGP ke Motor Versi Produksi?

Mudikgratis.co.id – Yamaha telah mengajukan paten seamless gearbox baru untuk model sepeda motor versi jalan raya di masa depan.

Seamless gearbox ini biasa digunakan untuk tunggangan MotoGP sejak 2011. Honda memulainya pertama kali.

Sementara Yamaha membutuhkan waktu hingga pertengahan 2013 untuk bersaing mengembangkan modelnya sendiri.

Ketika Aprilia dan Suzuki kembali ke MotoGP di 2015, perbedaan yang paling mencolok antara pabrikan adalah kurangnya girboks.

Baca Juga:
Suzuki Putuskan Mundur dari MotoGP, Ducati Tertarik Memanggil Kedua Rider untuk Bergabung

Seamless Shift Gearbox. (visordown.com)

Meskipun seamless gearbox sudah biasa di kalangan tunggangan MotoGP dengan mesin empat silinder, pabrikan belum pernah menghadirkannya untuk versi jalan raya.

Hasil adopsi versi balap MotoGP ke mass production adalah winglet aerodinamis untuk versi produksi Ducati sejak 2019. Dan sekali lagi, seamless gearbox masih menjadi komponen khusus dengan pemakaian sebatas di MotoGP.

Beberapa pabrikan mengatakan biaya dan rekayasa teknologi menjadi permasalahan tersendiri untuk penerapannya di versi jalan raya.

Namun baru-baru ini Yamaha telah mematenkan seamless gearbox sendiri untuk penggunaan di jalan raya, dikutip dari Motorrad.

Paten terbaru Yamaha ini membuktikan bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengintegrasikan sistem dan membuatnya hemat biaya untuk Yamaha R1.

Baca Juga:
The Best 5 Oto: Parkir di London Saat Platinum Jubilee, Wildcat EV Concept dari Buick, Mobil Listrik Komersial Renault

Seamless gearbox sendiri menawarkan banyak manfaat di jalan, terutama memberikan kinerja, stabilitas, dan ban belakang yang lebih awet jika dibandingkan dengan gearbox biasa.

Yamaha dikabarkan juga akan memperkenalkan “mode otomatis” untuk membantu meningkatkan kenyamanan pengendara. Selain untuk motor sport full-fairing, perusahaan berlogo garpu tala ini sepertinya juga berencana menerapkan teknologi untuk motor adventure touring dan naked bike.



#Ajukan #Paten #Girboks #Baru #Yamaha #Bawa #Teknologi #MotoGP #Motor #Versi #Produksi

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *