Begini Cara Memahami Arti Kode yang Tertera pada si Karet Bundar

  • Share
Begini Cara Memahami Arti Kode yang Tertera pada si Karet Bundar

Mudikgratis.co.id – Mengetahui ukuran ban motor yang tepat untuk digunakan bisa jadi penting, agar Anda tidak mudah dikelabui oleh pihak kurang bertanggungjawab. Kode yang terdapat pada ban yang Anda gunakan memiliki arti jelas, dan sudah ditentukan oleh pabrikan masing-masing motor.

Nah, dalam artikel singkat kali ini, akan dibahas sedikit mengenai cara membaca ukuran ban motor melalui kode yang disematkan pada bagian pinggiran ban. Dengan begini, Anda bisa memahami ukuran yang tepat untuk motor Anda, bahkan jika Anda ingin melakukan modifikasi pada bagian ban atau velg motor.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda pahami terkait ukuran ban motor.

Ilustrasi ban motor. [Envato Elements/Pressmaster].

1. Ukuran Lebar Ban

Baca Juga:
Penjualan Toyota Tumbuh 34,9 Persen, Veloz dan Avanza Paling Berkontribusi

Kode ban umum yang digunakan misalnya adalah 120/80 – 14 atau 120/80 – R14. untuk membaca kode ini, angka paling depan, yakni 120, menunjukkan ukuran lebar tapak ban pada satuan milimeter. Jadi, pada ban yang Anda gunakan, memiliki lebar tapak 120 mm.

2. Rasio Tinggi Ban

Masih menggunakan contoh di poin pertama tadi, angka kedua setelah garis miring menunjukkan tinggi ban. Hanya saja, pembacaannya tidak serta merta dalam ukura milimeter, misalnya 80 millimeter, namun persentase dari lebar tapak ban. Pada contoh 120/80 – 14, artinya tinggi ban dari permukaan yang menyentuh tanah hingga ke bagian yang terkena velg adalah 80% dari 120, sama dengan 96 mm.

3. Ukuran Diameter Velg

Selanjutnya angka paling belakang. Angka ini menunjukkan diameter velg yang digunakan untuk ban tersebut. Pada contoh 120/80 – 14, maka ukuran velg dari ban tersebut idealnya adalah 14 inci. Penggunaan ukuran velg yang tidak tepat akan membuat bentuk ban tidak ideal, serta mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga:
3 Cara Mengetahui Motor Leasing atau Bukan saat Membeli Motor Bekas

4. Kode Konstruksi Ban

Beberapa ban juga memberikan kode angka sebelum kode diameter velg. Misalnya dinyatakan R14, huruf R di sini diartikan sebagai konstruksi ban radial. Jenis konstruksinya sendiri ada dua, yakni bias yang terbuat dari serat nilon, dan radial yang menggunakan lapisan dari serat baja.

5. Tambahan, Waktu Produksi Ban

Tidak jarang produk ban juga menyertakan waktu produksi yang disematkan di bagian yang sama dengan kode sebelumnya. Kode ini dilambangkan dengan empat angka, yakni minggu dan tahun ban dibuat. Misalnya kode yang diberikan adalah 1019, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 10 tahun 2019 lalu.

Itu tadi sedikit pengertian mengenai arti kode ukuran ban yang tertera pada ban yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat, dan selamat beraktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Begini #Cara #Memahami #Arti #Kode #yang #Tertera #pada #Karet #Bundar

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.