Biaya Polis Asuransi Sepeda Motor di Italia Meningkat, ANCMA Layangkan Permohonan Peninjauan Kembali

  • Share
Biaya Polis Asuransi Sepeda Motor di Italia Meningkat, ANCMA Layangkan Permohonan Peninjauan Kembali

Mudikgratis.co.id – Confindustria ANCMA (Associazione Nazionale Ciclo Motociclo Accessori è l’Associazione) atau Asosiasi Nasional Kendaraan Roda Dua dan Aksesori Italia memberikan pandangan atas kenaikan biaya polis asuransi pengguna sepeda motor.

Dikutip dari rilis resmi ANCMA sebagaimana diterima Mudikgratis.co.id, kenaikan biaya polis asuransi pengendara sepeda motor di Italia rata-rata mencapai 80 persen. Angka ini belum termasuk CARD (Convenzione tra Assicuratori per il Risarcimento Diretto) atau perjanjian antara penanggung untuk kompensasi langsung.

Kenaikan ini disebutkan ANCMA bisa membuat konsumen menghindari pembelian polis asuransi, dan di sisi lain berpotensi menimbulkan perlambatan penjualan sepeda motor yang tengah berada dalam fase pertumbuhan.

EICMA 2021, pameran otomotif roda dua yang digarap oleh ANCMA. Sebagai ilustrasi pertumbuhan roda dua di Italia  [EICMA 2021].

Adanya CARD dengan kompensasi langsung yang dikenalkan pada 2007 dan kini diaplikasikan perusahaan asuransi Italia, bahkan bagi perusahaan yang beroperasi di Italia dengan kantor pusat legal di negara-negara Eropa lainnya, disebut ANCMA menimbulkan dampak terhadap penggantian tarif kecelakaan sepeda motor.

Baca Juga:
Produksi e-Bike dan Mobilitas Rendah Karbon Dukung Pariwisata Italia

Aturan kompensasi langsung menetapkan bahwa korban yang mengalami kecelakaan roda dua tidak mendapatkan kompensasi asuransi dari pelaku yang bertanggung jawab atas kecelakaan itu. Namun menerima penggantian tarif tetap dari asuransi yang dimiliki pelaku penyebab kecelakaan.

Mekanisme ini menghasilkan dampak positif, terutama untuk kecepatan waktu kompensasi. Namun, sebagaimana hasil kajian CAMSEF dari Universitas LUISS, CARD memberikan dampak tidak baik pada kebijakan roda dua. Pasalnya mekanisme pengembalian uang adalah flat-rate atau tidak beradaptasi dengan kondisi kecelakaan sepeda motor.

Dalam praktiknya, ketika diterapkan pada kecelakaan yang melibatkan berbagai kategori kendaraan, pengendara sepeda motor yang terluka atau pihak yang diasuransikan mendapatkan penggantian lebih sedikit dibandingkan pelaku yang bertanggung jawab atas kecelakaan.

Di sisi lain, sistem ini meningkatkan biaya penanganan kecelakaan sepeda motor bagi perusahaan asuransi.

Rata-rata, pengendara sepeda motor sudah membayar 30 persen lebih banyak sebagai akibat dari penerapan kompensasi langsung CARD.

Baca Juga:
Chris Pratt Menunggang Triumph Scrambler di “Jurassic World Dominion”, Hanya Tiga Unit di Dunia

Oleh karena itu, ANCMA menekankan bahwa untuk roda dua, CARD mestinya memberikan penggantian kepada pengendara sepeda motor yang diasuransikan berdasarkan kerusakan yang didapatkan, bukan nilai tetap tanpa melihat kondisi lapangan.

Berita terkini, ANCMA telah melayangkan surat permohonan agar penerapan kompensasi asuransi kendaraan roda dua ini ditinjau kembali. Dialamatkan kepada Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi Gilberto Pichetto Fratin, yang mengemban mandat di bidang asuransi.



#Biaya #Polis #Asuransi #Sepeda #Motor #Italia #Meningkat #ANCMA #Layangkan #Permohonan #Peninjauan #Kembali

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.