Mengenal Enzo Ferrari, Begini Sejarahnya

  • Share
Mengenal Enzo Ferrari, Begini Sejarahnya

Mudikgratis.co.id – Pernahkah terpikir bagaimana awal mula kemunculan brand Ferrari di pasar dunia? Brand yang terkenal dengan produknya yang prestisius, berkualitas, dan berkelas ini ternyata bermula dari seorang bernama Enzo Ferrari yang merupakan pendiri Ferrari.

Secara singkat berikut kisah dari pendiri Ferrari tersebut.

Semua Berawal di Modena, Italia

Enzo Ferrari lahir pada 18 Februari 1898 di Modena, Italia. Ia sendiri adalah putra dari Alfredo Ferrari dan Adalgisa Ferrari. Ia kemudian menghabiskan masa mudanya di Modena, dengan banyak menyaksikan balapan mobil saat diajak oleh sang ayah.

Baca Juga:
Potret Isuzu Panther Tampil Beda dengan Bentuk di Luar Dugaaan, Toyota Innova Minder Berada di Sebelahnya

Di sini awal kemunculan kecintaan Enzo Ferrari pada dunia balap. Pada usia 10 tahun, ia diketahui sudah  mengambil keputusan untuk menjadi pembalap. Di usia 16 tahun, tepatnya tahun 1914, ia diketahui bekerja sebagai guru di Lathe Operator School di bengkel pemadam kebakaran.

Nasib nahas menimpanya pada 1916, dimana ia harus kehilangan ayah dan saudara laki-lakinya akibat wabah flu yang terjadi di Italia.

Sempat  bergabung dengan militer hingga tahun 1918, ia kemudian mundur dari satuan dan mulai mencari pekerjaan. Awal usahanya dilakukan dengan melamar di perusahaan FIAT di tahun 1918, namun tidak mendapatkan pekerjaan.

Almarhum pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. [AFP/Daniel Janin]

Pekerjaan Pertama di Dunia Otomotif

Tahun 1919 ia kemudian mendapatkan pekerjaan menjadi pengemudi uji coba di perusahaan motor bernama Costruzioni Meccaniche Nazionali. Di sana bakat balapannya muncul, dan dalam waktu singkat ia dipromosikan sebagai pembalap di balapan Parma-Poggio di Bercetto.

Baca Juga:
Curhat Wanita Dapat Pelajaran Berharga ketika Belajar Menyetir dengan Ayahnya, Ujung-ujungnya Nangis

Karirnya berkembang bersama tim Alfa Romeo. Setidaknya 20 tahun menjadi waktu kerjasama yang terjadi antara Enzo Ferrari dan tim Alfa Romeo. Tim pertama yang dibentuknya, Scuderia Ferrari Grand Prix, membalap di bawah bendera Alfa Romeo.

Meski demikian setelah tahun 1931 karirnya sebagai pembalap usai dan meninggalkan dunia balap.  Kerjasama dengan Alfa Romeo juga berhenti pada 1939, dengan jabatan akhir Direktur Olahraga. Berhentinya kerjasama ini membuatnya tak bisa menggunakan nama Ferrari di dunia balapan atau mobil balap selama 4 tahun.

Perusahaan Pertama, Auto Avio Costruzioni

Setelah lepas dari Alfa Romeo ia mendirikan perusahaannya sendiri dengan nama Auto Avio Costruzioni. Awal perkembangan perusahaan ini dimulai dengan proyek paksaan pemerintah fasis kala itu, untuk memproduksi mobil guna kepentingan perang dunia.

Desain mobil Ferrari pertama muncul tahun 1945, tepat setelah Perang Dunia II selesai. Kemudian hal ini membawanya untuk mendirikan perusahaan Ferrari secara resmi di tahun 1947, dan berhasil memenangkan balapan Grand Prix pertama di tahun 1951 dengan mobil produksinya yang dikendarai oleh Jose Froilan Gonzales.

Dan sejak itu, berbagai konflik dan capaian diperoleh oleh Enzo Ferrari dalam pengelolaan brand tersebut, hingga pada akhirnya meninggal pada 14 Agustus 1988.

Itu tadi sekilas kisah pendiri Ferrari yang terkenal, Enzo Ferrari. Semoga berguna, dan selamat beraktivitas.

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Mengenal #Enzo #Ferrari #Begini #Sejarahnya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.