Produksi e-Bike dan Mobilitas Rendah Karbon Dukung Pariwisata Italia

  • Share
Produksi e-Bike dan Mobilitas Rendah Karbon Dukung Pariwisata Italia

Mudikgratis.co.id – Italia telah menghasilkan lebih dari 3,2 juta unit e-Bike dan sepeda pada 2021, menjadikan negara ini sebagai salah satu produsen kendaraan roda dua rendah emisi terkemuka Eropa, sekaligus pemimpin mobilitas cerdas.

Dikutip dari rilis resmi Confindustria ANCMA atau Asosiasi Industri Roda Dua dan Aksesoris Italia, sebagaimana diterima Mudikgratis.co.id, pertumbuhan kendaraan roda dua didorong fenomena e-Bike, dan reshoring, yaitu kembalinya aktivitas produksi ke Italia.

Kenaikan produksi ini diperkirakan berhubungan dengan situasi industri otomotif sekarang, seperti krisis rantai pasokan dunia utamanya chip semikonduktor, peningkatan permintaan karena evolusi mobilitas pintar, bea masuk antidumping, terjadi peningkatan biaya produksi di kawasan Asia, sampai dampak ekonomi dan lingkungan akibat moda transportasi tertentu. Sehingga pilihan kendaraan roda dua rendah emisi menjadi alternatif.

Bad Bike Nuova Bad di EICMA 2021, sebagai ilustrasi kendaraan roda dua ramah lingkungan  [EICMA].

Banca Ifis Market Watch dalam studi “Ecosystem of the Bicycle” memperkirakan produksi sepeda 2,8 persen per tahun akan kembali ke Eropa, dengan percepatan dalam periode 2022-2023, yang setara 18 persen dari total produksi Eropa.

Baca Juga:
ANCMA dan FMI: Aktivitas Balap dan Lintas Alam Off-road Sepeda Motor Italia Bisa Terus Berlanjut

Disebutkan pula bahwa penggunaan kendaraan roda dua ramah lingkungan tak ubahnya sebuah penghargaan “jalan hijau” serta mendapatkan Piala Oscar dari pariwisata Italia. Yaitu semakin bergaungnya wisata pantai yang digabungkan bersama wisata bersepeda.

Sudut pandangnya adalah konsep keberlanjutan, keselamatan, kesehatan dan inklusi. Tingginya harga energi seperti minyak bumi telah mendorong penggunaan sepeda untuk liburan yang aktif. Sehingga e-Bike muncul sebagai pilihan, dengan kenyamanan dan harga lebih terjangkau bahkan oleh kelompok populasi muda yang kurang terlatih dalam menjalani bentuk pariwisata alternatif.

Bad Bike Mig Red Matte yang tampil di EICMA 2021 [EICMA].
Bad Bike Mig Red Matte, salah satu contoh e-Bike yang tampil di EICMA 2021. Sebagai ilustrasi [EICMA].

Studi juga menunjukkan lebih dari 2 juta ton karbon dioksida dan polusi sulfur setiap tahun di Eropa bisa diatasi berkat hadirnya e-Bike dan sepeda kayuh.  Dengan penggunaan moda transportasi ini, terjadi penghematan 30 dan 50 juta ton emisi berbahaya yang urung dilepaskan ke udara.

Banca Ifis Market Watch juga menambahkan, di seluruh Eropa, minat dana investasi di industri sepeda tumbuh: pada 2021 terjadi eksploitasi dengan +175 persen dalam jumlah transaksi kendaraan roda dua rendah emisi dengan peningkatan investasi, dan layanan jaminan (seperti platform berbagi penggunaan kendaraan, hingga model persewaan), yang sekali memposisikan sepeda dan e-Bike sebagai lakon revolusi mobilitas.

Baca Juga:
EICMA Menjadi Sponsor Kejuaraan Sepeda Motor Enduro Italia 2022



#Produksi #eBike #dan #Mobilitas #Rendah #Karbon #Dukung #Pariwisata #Italia

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.