Sampo Cuci Mobil Ternyata Bisa Bikin Cat Jadi Kusam

  • Share
Sampo Cuci Mobil Ternyata Bisa Bikin Cat Jadi Kusam

Mudikgratis.co.id – Cat mobil yang kusam biaaanya terjadi karena pemakaian yang sudah lama dan mobil sering terjemur di bawah sinar matahari saat parkir.

Namun demikian, rupanya ada penyebab lain yang dapat membuat cat mobil menjadi kusam walaupun masih baru.
Karena tanpa disadari, sebagaima dikutip dari mobil88, sampo yang biasa digunakan untuk mencuci mobil juga dapat membuat kusam.

Perhatikan Kadar PH Pada Sampo

Ilustrasi mencuci mobil. [Shutterstock]

Saat mencuci mobil, sebaiknya perhatikan jenis sampo mobil yang digunakan. Jangan sembarang menggunakan sampo mobil hanya karena harganya murah. Biasanya sampo yang murah ini mengandung potensial hidrogen (ph) terlalu tinggi, sehingga menjadi penyebab cat mobil cepat kusam.

Baca Juga:
UI Serahkan Bus Listrik yang Dikembangkan Bareng MAB ke Pemerintah, Dukung Presidensi G20 Indonesia

Untuk itu, sebaiknya perhatikan kadar ph di dalam kandungan sampo. Produk yang baik untuk cat mobil itu yang memiliki kandungan PH di bawah 10. 

Bila perlu cari sampo yang kandungan PH- nya 7 akan lebih bagus lagi sehingga tidak akan merusak lapisan dari cat itu sendiri. Kalau terlalu tinggi atau lebih dari 10 maka bisa cepat merusak cat bodi mobil.

Jamur Pada Bodi Mobil

Selain itu, cat kusam juga bisa disebabkan adanya jamur di bodi mobil. Penyebabnya, yaitu setelah dicuci, lalu malam hari karena embun dan besok paginya mobil tidak dilap. Lama kelamaan bisa menimbulkan jamur, jadi lebih baik selalu merawatnya dengan baik.

Hindari Mencuci Saat Terik Matahari

Baca Juga:
Survei: Negara Ini Menolak untuk Beralih ke Kendaraan Listrik

Perhatikan juga ketika mencuci mobil, usahakan di tempat yang teduh dan parkirkan mobil di tempat yang datar untuk menghindari air mengendap di celah-celah bodi mobil. Hindari mencuci di bawah terik matahari dan dalam kondisi mesin panas, karena akan menimbulkan bercak air atau busa sabun di permukaan kendaraan. Bercak ini juga bisa membuat lapisan cat menjadi kusam.



#Sampo #Cuci #Mobil #Ternyata #Bisa #Bikin #Cat #Jadi #Kusam

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *