Kolaborasi Stellantis dan BMW Hadirkan STLA AutoDrive, Sistem Swakemudi Berbasis Valeo SCALA 3 Lidar

  • Share
Perusahaan Baterai NextStar Energy, Usaha Patungan LG Energy dan Stellantis Beroperasi Mulai 2024

Mudikgratis.co.id – Valeo, perusahaan pendukung industri otomotif termasuk aksesoris dari Prancis menciptakan Valeo SCALA 3 Lidar yang akan dipasarkan mulai 2024.

Perusahaan ini adalah pemain terbesar dalam sistem pemindaian lidar 3D otomotif. Telah memproduksi dan menjual 170.000 unit terintegrasi, dan sistem SCALA 3 Lidar akan digarap di pabriknya di Wemding, Jerman, dekat Munich. Valeo memproduksi hardware, software, serta AI untuk sistemnya.

Dikutip dari Autonews Europe, produk lidar tadi menawarkan resolusi 12 kali lebih baik, jangkauan tiga kali lebih jauh karena berkemampuan melakukan visualisasi objek lebih dari 200 m, serta sudut pandang 2,5 kali lebih lebar dari generasi yang beredar sekarang.

Valeo SCALA 3 LiDAR [Valeo].

Sementara lidar sendiri adalah akronim dari light detection and ranging atau deteksi dan jangkauan cahaya. Cara kerjanya: pulsa cahaya dikirimkan via laser dalam kecepatan jutaan per detik, memantul dari objek dan kembali ke sensor. Komputer onboard lantas membuat peta 3D sekeliling kendaraan dari pulsa itu.

Baca Juga:
Stellantis Bakal Sematkan Valeo SCALA 3 Lidar untuk Mobil Swakemudi Produksi 2024

Stellantis menjalin kemitraan dengan BMW dan siap menyematkan teknologi swakemudi berbasis Valeo SCALA 3 Lidar tadi. Sistemnya dinamai STLA AutoDrive.

Kolaborasi Stellantis dengan BMW ini melanjutkan kemitraan antara Fiat Chrysler Automobiles atau FCA yang kini bernaung di bawah aliansi carmaker Stellantis, serta Mobileye dan Intel.

Ilustrasi Fiat-Chrysler Automobiles. [Shutterstock/Katherine Welles]
Ilustrasi Fiat-Chrysler Automobiles atau FCA  [Shutterstock/Katherine Welles]

Untuk STLA AutoDrive, Stellantis menyebutkan produk pendukung pengoperasian mobil swakemudi tadi sebagai “hands-free, eyes-off” Level 3.

Penyediaan sistem swakemudi STLA AutoDrive itu menyusul pengumuman Mercedes-Benz yang mengaplikasikan Valeo SCALA 2 Lidar untuk produk Mercedes-Benz S-Class.

Baca Juga:
Uni Eropa Kurangi Ketergantungan Energi dari Rusia, Kini Andalkan Pemasok dari Mediterania Timur

Selain kemitraan dengan Stellantis dalam menyematkan Valeo SCALA 3 Lidar, BMW juga bakal menawarkan sistem swakemudi Level 3 di produk sedan BMW seri 7 generasi berikutnya.



#Kolaborasi #Stellantis #dan #BMW #Hadirkan #STLA #AutoDrive #Sistem #Swakemudi #Berbasis #Valeo #SCALA #Lidar

Sumber : www.suara.com

  • Share