Cara Hitung Lengkap dengan Contohnya

  • Share
Cara Hitung Lengkap dengan Contohnya

Mudikgratis.co.id – Pajak kendaraan bermotor adalah salah satu pajak yang wajib dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor. Jumlahnya bervariasi, tergantung jenis, tahun produksi, dan beberapa hal lain. Tentu pajak ini harus dibayar tepat waktu. Sebagai contoh konsekuensinya, Anda bisa simak denda pajak mobil jika telat bayar berikut ini.

Pajak mobil sendiri sebenarnya tergolong cukup tinggi. Pajak ini akan disesuaikan dengan jenis mobil, kapasitas mesin yang digunakan, serta kategori mobil (jika termasuk barang mewah). untuk penghitungan pajak sendiri akan mengacu pada nilai PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, dan SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Lalu Berapa Denda Pajak Mobil yang Dikenakan?

Ilustrasi pajak mobil. (Freepik)

Pada dasarnya denda pajak mobil yang dikenakan nilainya adalah 25% dikalikan dengan rasio keterlambatan dalam bulan. Jadi tidak semata 25% dari nilai PKB, namun memiliki perhitungan tertentu yang diterapkan secara umum.

Baca Juga:
Volkswagen: Apple Tidak Mungkin Membuat Mobil Sendiri

Misalnya saja Pajak Kendaraan Bermotor Anda dalam satu tahun adalah Rp3.000.000 dengan nilai Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan sebesar Rp143.000. Anda terlambat membayar pajak mobil selama 6 bulan. Maka kira-kira perhitungannya akan demikian.

PKB + (PKB x 25% x Rasio Keterlambatan dalam bulan) + SWDKLLJ

= Rp3.000.000 + (Rp3.000.000 x 25% x 6/12) + Rp143.000

= Rp3.000.000 + Rp375.000 + Rp143.000

= Rp3.518.000

Baca Juga:
Lydia Plant, Pabrik Baru BMW di China Telah Mulai Produksi Mobil Listrik

Jadi total pajak yang harus dibayarkan beserta dendanya adalah sebesar Rp3.518.000. Yang perlu diingat adalah bahwa nilai Pajak Kendaraan Bermotor berbeda-beda satu dengan yang lain, dan apa yang dicantumkan di artikel ini sifatnya hanya contoh saja.

Bayar Pajak Tepat Waktu, Terhindari dari Denda yang Memberatkan

Himbauan untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu selalu digaungkan oleh pihak berwenang, agar warga masyarakat tidak mengalami kerugian atau beban lebih besar akibat denda yang diberikan. Pajak sendiri akan menjadi berat jika harus terus menerus dibayar dengan pajak keterlambatannya.

Warga bijak bayar pajak, bijak untuk kesehatan keuangan pribadi, serta bijak untuk status wajib pajak taat yang bisa memudahkan banyak hal.

Itu tadi sedikit informasi mengenai cara hitung denda pajak mobil beserta dengan contohnya. Semoga bisa menjadi artikel yang berguna, dan selamat menjalankan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Cara #Hitung #Lengkap #dengan #Contohnya

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.