Toyota GAZOO Racing Sapu Bersih Podium 1,2,3,4 di Safari Rally Kenya 2022 Bersama GR Yaris Rally1

  • Share
Toyota GAZOO Racing Sapu Bersih Podium 1,2,3,4 di Safari Rally Kenya 2022 Bersama GR Yaris Rally1

Mudikgratis.co.id – Safari Rally Kenya 2022 berakhir pekan lalu, Minggu (26/6/2022) dengan catatan seru. Tim Toyota GAZOO Racing (GR) berhasil mencetak prestasi dan reputasi bergengsi, menyapu habis podium satu sampai empat. Atau berurutan 1,2,3,4 bersama World Rally Car atau WRCar GR Yaris Rally1.

Dari rilis Toyota Global sebagaimana dikutip Mudikgratis.co.id, bagi Toyota inilah kemenangan ke-10 Toyota di ajang reli (rally) terkenal yang digelar di benua Afrika. Juga kali perdana mencapai finish berderet 1,2,3,4 di pentas World Rally Championship (WRC) sejak mengukir kesuksesan yang sama di 1993.

Kalle Rovanperä (driver)/Jonne Halttunen (co-driver) bersama Toyota GR YARIS Rally1 menjuarai Safari Rally Kenya 2022 [Toyota Global].

Catatan khusus juga bisa ditambahkan untuk WRCar yang digunakan tim GAZOO Racing. Toyota GR Yaris Rally1 adalah produk hybrid. Mampu bertahan di medan berat Afrika, dan tetap andal mendominasi jalannya reli tanpa kendala berarti.

Padahal, dibandingkan seri-seri WRC, Safari Rally Kenya menuntut keuletan tersendiri. Mulai medan pasir, sampai permukaan basah, berlumpur, dan medan berbatu.

Baca Juga:
GR Yaris Menemani Touring dan Kopdar Gabungan Komunitas Otomotif TYCI

Driver Kalle Rovanperä yang menjadi juara satu bersama co-driver Jonne Halttunen cukup jeri saat tunggangannya terlalu melebar di tikungan pertama SS (Super Special), Nairobi sampai mengalami kejadian ban terpental.

Akan tetapi di stage berikutnya mampu melibas trek hingga hari pemungkas gelaran.

Toyota GR Yaris  yang memiliki DNA mobil reli (rally car) masa kejayaan Toyota Celica di pentas reli dunia, World Rally Championship [Toyota Thailand].
Toyota GR Yaris yang memiliki DNA mobil reli (rally car) masa kejayaan Toyota Celica di pentas reli dunia, World Rally Championship [Toyota Thailand].

“Hasil yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Kami menang empat besar adalah hasil yang luar biasa untuk tim. Ini reli tersulit yang pernah saya lakukan, jadi cerita keempat mobil bisa finish tanpa kendala itu membuktikan mobil terkuat dan tercepat,” ungkap Kalle Rovanperä sambil tak lupa mengucapkan terima kasih banyak bagi tim serta seluruh kru yang begitu cekatan menggarap preparasi tunggangan mereka.

Sambutan hangat datang dari Akio Toyoda, pimpinan Toyota Motor Corporation sekaligus pendiri tim GAZOO Racing.

Baca Juga:
Toyota Siap Rilis GR Corolla, Adopsi Mesin dari GR Yaris

Sosok yang berlatar belakang pembalap roda empat dan gemar drifting ini mengungkapkan betapa seluruh driver and co-driver telah berupaya habis-habisan.

“Seperti Kalle misalnya, saat kejadian hari perama, banyak yang khawatir pertarungannya bakal terhenti. Akan tetapi mekaniknya sangat percaya diri dengan senyuman dan mereka berhasil memperbaikinya kembali dalam 15 menit!” papar Toyoda-san.

“Tentu saja cara mengemudi Kalle luar biasa untuk memenangkan reli dari posisi ini, tetapi keterampilan dan kepercayaan diri para mekanik juga luar biasa,” tandasnya.

Akio Toyoda menyatakan suka cita atas pencapaian luar biasa itu sebagai hasil dari kekuatan tim yang telah dibangun tim GAZOO Racing selama bertahun-tahun.

“Kami tidak lupa bahwa dukungan para penggemar sangat membantu tim. Saya menghargai dukungan Anda yang berkelanjutan untuk paruh kedua musim 2022. Dan tidak lupa terima kasih untuk Toyota Kenya yang sudah datang untuk menyemangati tim. Berkat sambutan hangat dan dukungan kalian, kami dapat menikmati reli ini seperti balapan di rumah sendiri,” pungkas Toyoda-san.

10 Besar Race Result SAFARI RALLY KENYA

1 Kalle Rovanperä/Jonne Halttunen (Toyota GR YARIS Rally1) 3h40m24.9s
2 Elfyn Evans/Scott Martin (Toyota GR YARIS Rally1) +52.8s
3 Takamoto Katsuta/Aaron Johnston (Toyota GR YARIS Rally1) +1m42.7s
4 Sébastien Ogier/Benjamin Veillas (Toyota GR YARIS Rally1) +2m10.3s
5 Thierry Neuville/Martijn Wydaeghe (Hyundai i20 N Rally1) +10m40.9s
6 Craig Breen/Paul Nagle (Ford Puma Rally1) +23m27.9s
7 Jourdan Serderidis/Frédéric Miclotte (Ford Puma Rally1) +30m16.5s
8 Sébastien Loeb/Isabelle Galmiche (Ford Puma Rally1) +32m12.6s
9 Kajetan Kajetanowicz/Maciej Szczepaniak (Škoda Fabia Rally2 evo) +35m37.6s
10 Oliver Solberg/Elliott Edmondson (Hyundai i20 N Rally1) +37m36.6s



#Toyota #GAZOO #Racing #Sapu #Bersih #Podium #Safari #Rally #Kenya #Bersama #Yaris #Rally1

Sumber : www.suara.com

  • Share