Tim ITS Rebut Empat Penghargaan di Kompetisi Mobil Listrik India

  • Share
Tim ITS Rebut Empat Penghargaan di Kompetisi Mobil Listrik India

Mudikgratis.co.id – Tim mobil listrik formula Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Anargya, memboyong empat penghargaan pada kompetisi Formula Bharat 6th Annual FSEV Concept Challenge (Pi-EV 2022) yang digelar secara daring.

Koordinator tim untuk kompetisi yang diselenggarakan di India tersebut Rafif Herdian Noor menjelaskan bahwa ajang kompetisi ini menantang seluruh mahasiswa di skala dunia untuk mendesain, merancang, menyimulasikan sebuah mobil listrik formula.

“Tidak hanya dari segi teknis, laga otomotif ini juga menantang mahasiswa dalam berbagai disiplin ilmu, seperti team management dan procurement,” ujarnya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin (4/7/2022).

Anargya ITS meraih peringkat II dari total 21 tim internasional yang bertanding pada kategori Overall Event, Engineering Design Concept, dan Team Management Strategy.

Baca Juga:
Starlink Kantongi Izin Sediakan Layanan Internet untuk Kendaraan Umum Dimensi Besar Seperti Truk

“Anargya ITS juga berhasil menduduki posisi ketiga pada kategori Software and Intelligence Integration (SA AI),” ucap mahasiswa Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur ITS itu.

Rafif menjelaskan bahwa konsep teknis kendaraan listrik yang diusung oleh Anargya ITS adalah berkecepatan maksimum hingga 111 kilometer per jam, disertai pasokan energi oleh energy storage yang dirancang sesuai dengan kualifikasi perlombaan Formula Society of Automotive Engineers (FSAE).

Tak hanya itu, sistem juga dilengkapi oleh teknologi regenerative braking yang mampu memanfaatkan kembali energi yang terbuang untuk mengisi ulang daya baterai kendaraan.

Mobil rancangan Anargya ITS juga dilengkapi dengan sistem monitoring, telemetry, dan data logger yang mampu memantau kondisi mobil secara akurat saat melaju.

“Anargya berhasil merancang semua algoritma menjadi sistem yang terintegrasi dengan baik dan menaklukkan kompetisi bidang SA AI,” kata mahasiswa asal Kediri ini dengan bangga.

Baca Juga:
Keren, Tim Mahasiswa ITS Raih Juara Umum IRC 2022 di AS

Mekanik tim Anargya ITS tersebut juga mengatakan untuk menyukseskan pembuatan mobil secara keseluruhan, tim memiliki strategi di berbagai bidang, seperti manajemen goal setting process, team structure, project timeline, financial, human resource, communication, media marketing serta strategi dalam melakukan pengadaan komponen mobil.



#Tim #Rebut #Empat #Penghargaan #Kompetisi #Mobil #Listrik #India

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *