Honda Ajukan Paten Teknologi Antijatuh untuk Sepeda Motor

  • Share
Honda Ajukan Paten Teknologi Antijatuh untuk Sepeda Motor

Mudikgratis.co.id – Honda disebutkan telah mengajukan paten baru berupa sistem bantuan bagi pengendara.

Hal ini terungkap setelah kantor paten Jerman memberikan sedikit bocoran terkait teknologi yang coba dikembangkan oleh produsen berlogo sayap mengepak tersebut.

Radar yang diterapkan pada kendaraan bermotor, sebagai ilustrasi (visordown.com)

Dari gambar paten yang bocor, terlihat motor Honda yang diilustrasikan sebagai Gold Wing memiliki fairing besar di bagian belakang. Fairing ini berfungsi untuk menyembunyikan unit kontrol.

Melansir Rideapart, Honda kabarnya menggunakan sistem bantuan pengendara canggih yang mengintegrasikan sejumlah teknologi seperti sensor, kamera, radar, dan LIDAR untuk melakukan sejumlah fungsi bantuan. 

Baca Juga:
All-New SsangYong Torres Hadir di Pasar Otomotif Korea Selatan, Sebentar Lagi Bakal Ekspor ke Cile

Selain itu, ada juga kontrol jelajah adaptif radar yang sering dimanfaatkan untuk mendeteksi titik buta atau blind spot.

Cara kerjanya adalah sensor akan membaca apakah gerakan miring kendaraan merupakan hal yang disengaja oleh pengendara atau merupakan sebuah insiden.

Jika sistem membaca bahwa hal tersebut tidak disengaja dan membuat kendaraan akan jatuh, maka sistem akan bertindak untuk menstabilkan sepeda dan menjaganya tetap tegak.

Sejauh ini, teknologi tersebut masih sebatas dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan teknologi ini mulai akan diterapkan dan model apa yang akan menggunakannya.

Baca Juga:
Mengapa MPV dan SUV Jadi Pilihan Favorit di Tanah Air, Pengamat Otomotif Sebutkan Alasan Ini



#Honda #Ajukan #Paten #Teknologi #Antijatuh #untuk #Sepeda #Motor

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.