Begini Cara Mengetahuinya, Simak di Sini

  • Share
Kenali Makna Angka dan Huruf dari si Karet Bundar

Mudikgratis.co.id – Mempertahankan tekanan angin ban yang benar sangat penting guna membantu mengoptimalkan kinerja ban dan penghematan bahan bakar. Sedangkan yang terlalu kempes sama bermasalahnya dengan ban yang kurang angin. Adapun cara mengetahui tekanan angin ban mobil yang ideal yakni sebagai berikut.

Diketahui, mengemudi dengan ban yang kurang angin adalah salah satu penyebab terbesar kerusakan ban. Ban yang kurang angin dapat menyebabkan banyak masalah lain seperti lebih cepat aus, penanganan yang buruk, dan mengurangi efisiensi bahan bakar. 

Selain itu, ban yang terlalu kempes lebih rentan terhadap kerusakan akibat ketidakrataan jalan, dan ini juga menciptakan pengendaraan yang lebih bergelombang. Mengisi penuh ban kendaraan Anda bisa berbahaya jadi penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang direkomendasikan untuk tekanan angin pada kendaraan Anda.

Karena tekanan ban sangat penting untuk keselamatan Anda dan kinerja mobil Anda secara keseluruhan, penting untuk mengetahui tingkat tekanan ban yang tepat untuk kendaraan Anda. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan mengenai cara mengetahui tekanan angin ban mobil yang ideal.

Baca Juga:
Kapan Waktu Ideal Mengganti Ban Mobil?

Ilustrasi ban mobil Michelin Pilot Sport 5. (Dok. Michelin)

Rekomendasi Tekanan Angin Ban mobil yang Ideal

Penting untuk diketahui bahwa ukuran tekanan angin ban pada setiap jenis mobil tidak dapat disamakan, sebab ukuran tekanan angin ban pada mobil ini tergantung dari jenis mobil maupun ban dari pabrikan. 

Nah, adapun cara mengetahui tekanan angin pada ban mobil yakni sebagai berikut:

  • Mencermati Tire-Loading Information (Informasi Tekanan Ban) yang umumnya terletak di frame pilar pintu bagian depan kanan mobil, tepatnya di pintu pengemudi.
  • Lalu, Anda buka pintu bagian kanan depan pengemudi. Tepat sebelah kanan di bawah jok pengemudi, Anda bisa melihat stiker kotak berisi informasi tekanan ban.

Namun perlu diingat bahwa tekanan angin ban mobil yang ideal dipengaruhi situasi serta faktor-faktor lainnya. Adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tekanan ban mobil yang ideal yaitu berat yang diangkut.  Semakin berat bebannya, maka harus ditingkatkan pula tekanan bannya. 

Contohnya, jika dalam mobil All New Kijang Innova berisi 7 orang, tekanan ban normal yang mulanya 33 psi harus ditingkatkan menjadi 36 Psi. Jadi, berapa banyaknya tekanan angin ban yang dibutuhkan ini tergantung dari sejumlah faktor, seperti: jenis kendaraan, jenis ban, tujuan penggunaan kendaraan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Ini Risiko Mengganti Ukuran Ban Mobil Tidak Sama dengan Sebelumnya

Demikian informasi mengenai tekanan angin ban mobil yang idel yang perlu diketahui para pemilik mobil agar tetap nyaman digunakan dalam berbagai medan.

Kontributor : Ulil Azmi



#Begini #Cara #Mengetahuinya #Simak #Sini

Sumber : www.suara.com

  • Share